GAMBARAN PERILAKU AGGRESSIVE DRIVING PADA SOPIR ANGKUTAN KOTA JURUSAN TABING (M.YAMIN-BATAS KOTA) DI KOTA PADANG

YULY, YOLANDA VITSCA (2016) GAMBARAN PERILAKU AGGRESSIVE DRIVING PADA SOPIR ANGKUTAN KOTA JURUSAN TABING (M.YAMIN-BATAS KOTA) DI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

DESCRIPTION OF THE AGGRESSIVE DRIVING BEHAVIOUR OF DRIVER PUBLIC TRANSPORT ON TABING (M.YAMIN – BATAS KOTA) ROUTE IN PADANG CITY Yuly Yolanda Vitsca, Nelia Afriyeni, Dwi Puspasari Psychology major, Medical Faculty, Andalas University ABSTRACT Transportation is one element that is very important in human life. The most frequently used by the public is public transport. The task of public transport operate, many accidents on public transport because it is not driving with procedure. Many of the public’s transport drivers are reckless. The behavior is called “aggressive driving”. Leon James (2000) said aggressive driving is influenced by emotions were disturbed and adversely affects others. The purpose of this study is to analyze how aggressive driving behavior of driving public transport on Tabing route in Padang City. The study uses a quantitative approach with a cross sectional study and use descriptive method with incidental sampling technique. Research subject was the driver of public or city transport as many as 172 respondents. Measuring instruments used is the scale of aggressive driving behavior which is constructed based on the theory of aggressive driving James and Nahl (2000). Scale of aggressive driving behavior on public transportation drivers have the reliability 0.938. Data analysis technique used is the description of SPSS 15.00. for windows. The result shows that 172 passenger car drivers of Tabing direction were on high category of aggressive driving behavior 91 of them showed the most aggressive driving behavior on power struggle and least on recklessness and road rage behavior about. Keyword : Aggressive Driving Behaviour, Driver of Public Transport, Tabing. GAMBARAN PERILAKU AGGRESSIVE DRIVING PADA SOPIR ANGKUTAN KOTA JURUSAN TABING (M.YAMIN – BATAS KOTA) DI KOTA PADANG Yuly Yolanda Vitsca, Nelia Afriyeni, Dwi Puspasari Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas ABSTRAK Transportasi merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Angkutan kota merupakan sarana transportasi darat yang paling sering digunakan oleh masyarakat karena aksesnya yang mudah dijangkau. Angkutan kota seharusnya bertugas untuk mengantarkan penumpang yang berada dalam kota dengan baik. Tapi kenyataannya banyak terjadi kecelakaan pada angkutan kota yang disebabkan oleh perilaku sopir angkutan kota yang sering ugal-ugalan di jalan raya. Perilaku ugal-ugalan tersebut biasa disebut dengan perilaku aggressive driving. Leon James (2000) menyatakan bahwa perilaku aggressive driving adalah perilaku berkendara yang dipengaruhi oleh emosi yang terganggu yang menghasilkan perilaku yang berakibat meningkatkan resiko terhadap orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran perilaku aggressive driving pada sopir angkutan kota jurusan Tabing (M.Yamin-Batas Kota) di kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cross sectional study. Menggunakan metode deskriptif dengan teknik incidental sampling. Subjek penelitian merupakan sopir angkutan kota Tabing kota Padang sebanyak 172 responden. Alat ukur yang digunakan adalah skala perilaku aggressive driving yang dikonstruksi berdasarkan teori aggressive driving James dan Nahl (2000). Skala perilaku aggressive driving pada sopir angkutan kota memiliki reliabilitas sebesar 0,938. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskripsi SPSS 15.00 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 172 sampel penelitian diperoleh perilaku aggressive driving pada sopir angkutan kota jurusan Tabing tersebut berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 91 orang. Sopir angkutan kota tersebut menunjukan perilaku aggressive driving terbanyak pada perilaku saling berebut (power struggle) dan terendah pada perilaku ceroboh dan marah-marah (Recklessness and road rage). Kata Kunci: Perilaku aggressive driving, Sopir angkutan kota, Tabing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:23
Last Modified: 30 Jan 2017 03:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21584

Actions (login required)

View Item View Item