Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Membeli Daging Sapi di Kota Solok

Rizki, Windi Alisa (2023) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Membeli Daging Sapi di Kota Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Kover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik konsumen, karakteristik pembelian, dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap pembelian daging sapi di Kota Solok. Penelitian ini telah dilaksanakan di Pasar Raya Kota Solok pada tanggal 16 Maret – 2 April 2023 . Metode yang digunakan adalah metode survei dengan jumlah sampel 93 responden. Teknik yang digunakan adalah Accidental Sampling. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan Structural Equation Modelling–Pastial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden pada umumnya usia 36 sampai 50 tahun (36,6%), pendidikan perguruan tinggi (43%), pekerjaan ibu rumah tangga (28%), dan pendapatan Rp. 2.000.000 – Rp. 4.000.000 (66,7%). Karakteristik pembelian pada umumnya jumlah pembelian <1 kg (78,5%), daging (65,6%), frekuensi pembelian tidak tentu perminggu (54,8%), dan tujuan didendeng (41,9%). Perilaku konsumen dalam membeli daging di Kota Solok dipengaruhi oleh faktor sosial, budaya, dan psikologis. Hal ini dibuktikan dari nilai t-statistik faktor sosial sebesar 2,038 dengan p-value 0,042, untuk faktor budaya t-statistik sebesar 3,326 dengan p-value sebesar 0,001, dan faktor psikologis t-statistik sebesar 2,001 dengan p-value sebesar 0,045. Sedangkan faktor pribadi tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen karena memiliki nilai t-statistik <1,96 dan p-value > 0,05. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Karakteristik, Konsumen, Daging Sapi, SEM-PLS

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. James Hellyward, M.S., IPU., ASEAN Eng
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:41
Last Modified: 11 Sep 2023 04:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213279

Actions (login required)

View Item View Item