Syafira, Miftahul (2023) Analisis Kinerja Puskesmas Seberang Padang Dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (cover)
COVER.pdf - Published Version Download (238kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (727kB) |
|
Text (BAB 6 Kesimpulan)
BAB VI.pdf - Published Version Download (214kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (334kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI.fix.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi ini mendeskripsikan tentang Analisis Kinerja Puskesmas Seberang Padang dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan. Pelayanan kesehatan merupakan salah satu bidang pelayanan penting yang diberikan kepada masyarakat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan taraf kesehatan bangsa. puskesmas berperan sangat penting dalam proses pembangunan kesehatan. Puskesmas juga di tuntut untuk meningkatkan kinerja secara optimal untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat. Namun, setelah melakukan observasi awal peneliti menemukan pelayanan yang dirasakan pasien kurang memuaskan. Penelitian ini menggunakan teori kinerja birokrasi publik yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto yang dapat diukur melalui Produktivitas, Kualitas layanan, Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber dengan pemilihan informan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja puskesmas Seberang Padang dalam memberikan pelayanan kesehatan secara umum belum optimal. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab yaitu standar pelayanan minimal (SPM) pada puskesmas Seberang Padang belum mencapai target yang telah ditetapkan. Kemudian prasarana pada pelayanan kesehatan usia produktif seperti stick gula darah yang belum memadai, prasarana pada layanan pengaduan masih belum maksimal. Sementara itu, bentuk pertanggung jawaban secara internal maupun eksternal pada puskesmas Seberang Padang sudah berjalan dengan baik seperti, pelayanan yang diberikan puskesmas Seberang Padang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku dan melakukan monitoring evaluasi setiap bulan terhadap capaian kinerja nya. Kemudian, pembuatan laporan kegiatan yang dilakukan setiap bulan maupun tahunan. Kata kunci: Kinerja, Pelayanan Kesehatan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Drs. Yoserizal, M.Si |
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | s1 ilmu administrasi negara |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:35 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:35 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209920 |
Actions (login required)
View Item |