Indah, Permata Putri (2023) ANALISIS RENDAHNYA PENGGUNAAN LAYANAN PENDAFTARAN PASIEN SECARA ONLINE OLEH MASYARAKAT DI PUSKESMAS ANDALAS TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (272kB) |
|
Text (Bab I (Pendahuluan))
Bab I.pdf - Published Version Download (488kB) |
|
Text (Bab Akhir (Penutup))
Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version Download (247kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (362kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan: Pendaftaran pasien secara online telah diterapkan di Puskesmas Andalas, akan tetapi penggunaan oleh masyarakat masih rendah dengan persentase dibawah 9%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab rendahnya penggunaan layanan pendaftaran pasien secara online oleh masyarakat di Puskesmas Andalas. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, FGD, Observasi, dan telaah dokumen. Pengolahan data dilakukan dengan cara transkripsi, reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Metode analisis data yaitu thematic analysis dan triangulasi. Hasil: Penggunaan pendaftaran online produktif, akan tetapi penggunaannya masih sangat rendah. Penggunaannya mudah bagi masyarakat usia muda, tetapi sulit bagi pasien lanjut usia. Lingkungan sosial sangat berpengaruh terhadap penggunaan. Kondisi fasilitas masyarakat cukup memadai, kecuali bagi pasien lanjut usia. Masyarakat lebih nyaman menggunakan pendaftaran secara manual dibanding pendaftaran online. Harga yang dikorbankan tidak memberatkan. Masyarakat masih terbiasa untuk menggunakan pendaftaran manual dibanding pendaftaran online. Kesimpulan: Penyebab rendahnya penggunaan pendaftaran online di Puskesmas Andalas yaitu kesulitan penggunaan bagi pasien lansia, kondisi fasiltas yang belum memadai, kenyamanan, pengaruh sosial yang tidak dimanfaatkan dengan optimal, serta kebiasaan masyarakat yang sulit untuk diubah. Sarannya agar pihak puskesmas menggencarkan promosi terkait pendaftaran online kepada masyarakat. Kata Kunci: Layanan Online, Penggunaan, Puskesmas ,UTAUT 2
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Dra. Sri Siswati, Apt, SH., M.Kes |
Uncontrolled Keywords: | Layanan Online, Penggunaan, Puskesmas ,UTAUT 2 |
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:30 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:30 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208493 |
Actions (login required)
View Item |