HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMA N 4 PADANG

Sonia, Enjelina Silaban (2023) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMA N 4 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (2).pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Sonia.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi_Sonia Enjelina Silaban_1911312013.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kecerdasan emosional adalah hal yang penting dalam perkembangan remaja. Remaja yang memiliki kecerdasan emosional yang buruk cenderung berperilaku tidak baik seperti kenakalan remaja, individualis dan memberontak. Banyak hal yang dapat mempengaruhi remaja salah satunya penggunaan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan arah hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dengan kecerdasan emosional pada remaja di SMA N 4 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah responden 275 dari kelas X dan XI dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah Problematic Using Mobile Phone (PUMP) untuk intensitas penggunaan smartphone dan The Schutte Emotional intelligence Scale untuk kecerdasan emosional remaja. Analisa data yang digunakan adalah uji korelasi rank spearman. Analisa univariat didapatkan nilai tengah untuk intensitas penggunaan smartphone yaitu 68 (Min 27 Max 91) dan nilai tengah untuk kecerdasan emosional adalah 105 (Min 45 Max 148). Analisa bivariat didapatkan adanya hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan smartphone dengan kecerdasan emosional pada remaja dengan kekuatan korelasi yang sedang dan arah hubungan yang negatif (p value = 0,000 dan r = -0,516). Artinya semakin tinggi intensitas penggunaan smartphone maka semakin rendah kecerdasan emosional pada remaja. Diharapkan pihak sekolah membuat kebijakan terkait penggunaan smartphone di sekolah seperti adanya aturan tidak boleh menggunakan smartphone saat pelajaran berlangsung, serta adanya kerjasama untuk memberikan pendidikan kesehatan mengenai dampak intensitas smartphone yang tinggi dengan kecerdasan emosional remaja. Kata kunci : Remaja, Smartphone, Kecerdasan Emosional Daftar Pustaka : 96 (2001-2023)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Jul 2023 09:16
Last Modified: 18 Jul 2023 09:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207521

Actions (login required)

View Item View Item