Ryanda, Afifa Putri (2023) Strategi Pemulihan Pariwisata Internasional Indonesia pada Era Next Normal. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak ryanda afifa.pdf - Published Version Download (369kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (473kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (222kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (411kB) |
|
Text (FULL DRAFT SKRIPSI)
SKRIPSI RYANDA AFIFA PUTRI PARIWISATA INDONESIA 1810852011.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai strategi yang dilakukan oleh pemerintahan Indonesia dalam pemulihan pariwisata internasional Indonesia pada era next normal. Pada awal tahun 2020 ketika Tiongkok mengkonfirmasi mengenai sebuah virus baru bernama Covid-19, tidak lama kemudian WHO mengumumkan bahwa dunia sedang dalam kondisi global pandemi. Dengan penyebaran virus yang cepat, Indonesia menerapkan beberapa kebijakan pembatasan aktivitas sosial sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran. Diaktifkannya kebijakan tersebut telah membuat beberapa sektor people-to-people based di Indonesia terdampak. Terutama pada sektor pariwisata. Padahal, pariwisata merupakan sektor pendukung pertumbuhan di Indonesia. Padahal, sektor pariwisata merupakan sektor yang membantu dalam pertumbuhan negara, meingkatkan produktivitas negara dan menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Indonesia. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah strategi untuk memulihkan pariwisata di Indonesia. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memaparkan, mengetahui dan memahami mengenai strategi yang dilakukan oleh Indonesia dalam memulihkan pariwisatanya akibat pandemi Covid-19 pada era next normal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Dalam penelitian ini konsep yang digunakan adalah konsep nation branding yang dijelaskan oleh Keith Dinnie. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pemulihannya, Indonesia menggunakan media digital sebagai alat untuk melakukan promosi pariwisata dengan menggunakan tokoh publik seperti influencer, artis, pemilihan Ambassador dan tokoh terkenal lainnya dimasyarakat agar promosi dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang diharapkan dapat membantu dalam pemulihan pariwisata Indonesia. Kata kunci: Pariwisata Indonesia era Next Normal, Covid-19, Nation Branding, promosi, pemulihan pariwisata Indonesia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Zulfifli Harza, S.IP., M.Soc.SC |
Subjects: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional |
Depositing User: | s1 ilmu hubungan internasional |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 07:22 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 07:22 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205209 |
Actions (login required)
View Item |