KOMUNIKASI PENGELOLA DESTINASI WISATA PUNCAK PATO DENGAN PEMERINTAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN

Firgi, Nurdiansyah (2023) KOMUNIKASI PENGELOLA DESTINASI WISATA PUNCAK PATO DENGAN PEMERINTAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak_Firgi Nurdiansyah.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_Firgi Nurdiansyah PDF.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text (BAB VI)
Penutup_Firgi Nurdiansyah.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Firgi Nurdiansyah PDF.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis_Firgi Nurdiansyah PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Firgi Nurdiansyah Program Studi : Magister Ilmu Komunikasi Judul : Komunikasi Pengelola Destinasi Wisata Puncak Pato dengan Pemerintah dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Meningkatkan kunjungan wisatawan adalah penggerak sektor utama kepariwisataan yang membutuhkan kerjasama seluruh pemangku kepentingan dalam pariwisata, sejatinya merupakan individu-individu atau kelompok yang terdiri dari pemerintah, pengunjung, masyarakat lokal dan lembaga non pemerintah. Meningkatkan kunjungan wisatawan tentunya tidak terlepas dari kegiatan komunikasi antara pengelola destinasi wisata Puncak Pato dengan pemerintah. Komunikasi ini sangatlah penting demi tercapainya hasil yang maksimal dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Puncak Pato. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi pengelola destinasi wisata Puncak Pato dengan Pemerintah dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan, untuk mengetahui konsep-konsep penting dari komunikasi pengelola destinasi Puncak Pato dengan pemerintah dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan, untuk mengetahui esensi dari komunikasi antara pengelola destinasi Puncak Pato dengan pemerintah, yang dapat diaplikasikan dalam upaya mengoptimalkan kualitas komunikasi dalam pengelolaan destinasi wisata dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif pendekatan fenomenologi dengan paradigma konstruktivisme. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga konsep-konsep penting dari komunikasi pengelola destinasi wisata Puncak Pato adalah keterbukaan dalam menyampaikan informasi yang sebenarnya kepada pemerintah, sikap mendukung pemerintah dalam kegiatan komunikasi dan melakukan kegiatan komunikasi dengan pemerintah dalam bentuk pertemuan. Adapun Esensi dari komunikasi dari pengelola destinasi wisata Puncak Pato dalam upaya meningkatkan kunjungan yakni memiliki prioritas keberlanjutan (Sustainable), mengedepankan integritas (integrity) dan bertahan dalam kesulitan (resilience). Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi kontribusi dalam memberikan sumber atau teori mengenai komunikasi pengelola destinasi wisata Puncak Pato dengan Pemerintah dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dalam penelitian selanjutnya. Kata Kunci :Komunikasi, Interpretative Phenomenological Analysis, Pengelola Destinasi Wisata, Pemerintah, Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Interpretative Phenomenological Analysis, Pengelola Destinasi Wisata, Pemerintah, Meningkatkan Kunjungan Wisatawan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:57
Last Modified: 10 Mar 2023 04:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201492

Actions (login required)

View Item View Item