Hubungan Lama penggunaan komputer dengan Keluhan computer vision syndrome pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas andalas tahun empat

Riske, Kharisma Putri (2016) Hubungan Lama penggunaan komputer dengan Keluhan computer vision syndrome pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas andalas tahun empat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab akhir)
3.BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA-copy-1.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5. SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)

Abstract

Komputer telah menjadi konsumsi hampir semua orang di dunia dari berbagai kalangan. Komputer kini telah diproduksi dengan berbagai tampilan alat elektronik seperti Laptop, Notebook, Tablet, Smartphone, Smartwaches dan lain sebagainya yang memiliki kesamaan berupa layar visual display terminal (VDT). Semakin meningkatnya penggunaan komputer maka semakin meningkat pula keluhan Computer Vision Syndrome (CVS) dikalangan masyarakat. Keluhan CVS ini terutama meningkat pada lingkup kalangan mahasiswa terutama mahasiswa tahun akhir yang dituntut menyelesaikan skripsi sehingga mengharuskan diri untuk menggunakan elektronik komputer dalam waktu yang lama. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan lama penggunaan komputer dengan keluhan CVS. Jenis penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional study. Sampel penelitian adalah 77 orang mahasiswa FK Unand Tahun Empat. Penelitian dilaksanakan pada bulan juli 2016. Analisa data menggunakan uji t tidak berpasangan dengan nilai p<0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa 55 responden (71,4%) memiliki gejala keluhan CVS. Hasil ini juga menunjukkan responden dengan gejala CVS memiliki total rata-rata penggunaan komputer dalam sehari yang hampir sama (3,11±0,99 jam) dibandingkan dengan yang tidak ada gejala (3,02±0,90 jam) (p=0,72). Sehingga, total lama penggunaan rata-rata dalam sehari dinyatakan tidak bermakna secara statistik. Pada Penelitian didapatkan pula hasil waktu maksimal sekali menggunakan komputer pada responden dengan gejala keluhan CVS (2,65±0,73 jam)  cenderung lebih lama dibandingkan dengan yang tidak memiliki gejala keluhan CVS (1,73±0,33jam) (p=0,00). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa yang memengaruhi responden yang mengeluh CVS ialah waktu maksimal menggunakan komputer dalam satu hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RE Ophthalmology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 17 Dec 2016 07:08
Last Modified: 11 Mar 2017 05:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19913

Actions (login required)

View Item View Item