HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN IBU DENGAN TINGKAT KECEMASAN REMAJA MENGHADAPI MENARCHE DI KELURAHAN PARUPUK TABING TAHUN 2016

Firsha, Vellya (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN IBU DENGAN TINGKAT KECEMASAN REMAJA MENGHADAPI MENARCHE DI KELURAHAN PARUPUK TABING TAHUN 2016. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menarche merupakan suatu tahap pada masa pubertas. Kesiapan mental sangat diperlukan sebelum menarche karena perasaan cemas dan takut akan muncul. Selama ini sebagian masyarakat merasa tabu untuk membicarakan tentang menstruasi dalam keluarga, sehingga remaja awal kurang memiliki pengetahuan dan sikap yang cukup baik tentang perubahan-perubahan fisik dan psikologis terkait menarche. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap dan dukungan ibu dengan tingkat kecemasan remaja menghadapi menarche di wilayah kerja kelurahan parupuk tabing tahun 2016. Desain penelitian cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri (10-11 tahun) yang belum mengalami menarche sebanyak 1136 orang dengan jumlah sampel 158 orang. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20-26 Juni 2016. Analisis yang digunakan adalah analisis bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat kemaknaan α 0,05. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan tingkat kecemasan remaja dalam menghadapi menarche (p=0,014), ada hubungan yang signifikan antara sikap dengan tingkat kecemasan remaja dalam menghadapi menarche (p=0,00), dan ada hubungan yang signifikan antara dukungan ibu dengan tingkat kecemasan remaja dalam menghadapi menarche (p=0,00). Remaja putri hendaknya mencari informasi mengenai menarche untuk menambah pengetahuan, bisa didapatkan dari ibu, dan media massa. Sehingga apabila menghadapi menarche nanti remaja putri tidak mengalami kecemasan dengan kedatangan menarche dan perubahan yang akan dialaminya. Kata Kunci : Dukungan Ibu, Menarche, Pengetahuan, Remaja Putri, Sikap, Tingkat Kecemasan Daftar Pustaka: 50 (1971-2013)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 21 Oct 2016 07:06
Last Modified: 21 Oct 2016 07:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17589

Actions (login required)

View Item View Item