Mediatization Melalui Instagram Oleh Pengunjung Kawasan Wisata Mandeh

Rezi, Rovelly (2016) Mediatization Melalui Instagram Oleh Pengunjung Kawasan Wisata Mandeh. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI FIXXXXXXXXXXXX .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK MEDIATIZATION MELALUI INSTAGRAM OLEH PENGUNJUNG KAWASAN WISATA MANDEH Oleh: Rezi Rovelly 1110862027 Pembimbing: Dr.ErnitaArif, M.Si Yayuk Lestari, S.Sos, M.A Instagram saat ini merupakan sosial media yang cukup popular dimasyarakat, khususnya dikalangan para pengguna smartphone. Mudahnya penggunaan serta semangkin banyaknya pengguna Instagram membuat Instagram digunakan untuk berbagai kepentingan seperti berbagi moment, promosi serta referensi. Hal ini juga terjadi pada pengunjung Kawasan Wisata Mandeh, dimana sebelum mengunjungi tempat tersebut mereka terlebih dahulu melihat dan tertarik dengan unggahan orang lain di Instagram. Penelitian ini membahas mengenai fenomena tersebut dengan melihat peranan sosial media Instagram bagi pengunjung Kawasan Wisata Mandeh. Penelitian ini berusaha mencari tahu bagaimana Instagram berperan dalam penyebaran informasi mengenai Kawasan Wisata Mandeh dan bagi pengunjungnya. Peran Instagram dianalisa dengan menggunakan teori Mediatization oleh Hjarvad dan Couldry. Mediatization mengacu pada komunikasi melalui media. Mediatization membuktikan peran Instagram melalui unsur: extension, substitusion, amalgamation, dan accommodation dengan menggunakan pendekatan kualitatif, paradigma konstruktivis, sifat penelitian deskriptif dan metode penelitian wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Instagram dapat memudahkan penggunanya dalam mengakses informasi serta penggunaan media yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Pengguna menjadikan Instagram sebagai perpanjangan tangan, penggabungan dengan interaksosial, menggantikan komunikasi tatap muka, dan mempermudah mendapatkan informasi. Oleh karena itu Instagram dapat dijadikan media promosi, eksistensi serta cenderung merubah cara bermedia, khususnya dalam pencarian informansi mengenai pariwisata. Kata Kunci: Mediatization, sosial media, Instagram, Kawasan Wisata Mandeh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 12 Oct 2016 07:37
Last Modified: 12 Oct 2016 07:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17330

Actions (login required)

View Item View Item