STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH PRODUK OLAHAN COKLAT (STUDI KASUS: PABRIK PENGOLAHAN COKLAT CHOKATO)

ROBY, FEBRINALDO (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH PRODUK OLAHAN COKLAT (STUDI KASUS: PABRIK PENGOLAHAN COKLAT CHOKATO). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (PENDAHULUAN))
07.BAB 1.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 (PENUTUP))
12.BAB 6.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
Gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pabrik Pengolahan Coklat Chokato merupakan salah satu dari empat unit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumatera Barat yang bergerak di bidang pengolahan coklat yang berlokasi di kota Payakumbuh. Pabrik ini memproduksi beberapa jenis produk olahan coklat murni yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun manfaat coklat belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat sehingga makanan ini masih dianggap sebagai makanan yang kurang sehat. Akibatnya perkembangan industri pengolahan coklat berjalan cukup lambat, sehingga dibutuhkan strategi agar Pabrik Pengolahan Coklat Chokato bisa berkembang dan bertahan di bisnis makanan produk olahan coklat ini. Oleh karena itu Pabrik Pengolahan Coklat Chokato perlu mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada dan menyusun strategi untuk mengembangkan dan mempertahankan bisnisnya. Langkah awal penelitian ini yaitu mengidentifikasi aspek dan variabel pada faktor eksternal dan internal, kemudian melakukan analisis SWOT untuk mengelompokkan variabel tersebut ke dalam kelompok kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Setelah itu melakukan perumusan strategi melalui tiga tahapan yaitu tahap masukan (input stage) yang menggunakan matriks External Factor Evaluation dan matriks Internal Factor Evaluation. Selanjutnya tahap pencocokan (matching stage) dengan menggunakan matriks Internal-Eksternal dan matriks SWOT, dan tahap keputusan (decision stage) dengan menggunakan Quantitative Strategics Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil identifikasi yang telah dilakukan, didapatkan 19 faktor eksternal dan 27 faktor internal yang dapat digunakan untuk menilai kondisi bisnis Pabrik Pengolahan Coklat Chokato. Dari hasil pengolahan data, total skor bobot pada matriks External Factor Evaluation (EFE) yaitu 2,828 dan total skor bobot matriks Internal Factor Evaluation (IFE) yaitu 2,779. Total skor bobot matriks EFE dan IFE dimasukkan ke dalam matriks Internal-Eksternal (IE), sehingga diketahui bahwa posisi Pabrik Pengolahan Coklat Chokato berada pada sel V. Selanjutnya dirancang alternatif strategi menggunakan matriks SWOT. Kemudian alternatif strategi yang diperoleh dari matriks IE dan matriks SWOT diberikan skor daya tarik terhadap faktor-faktor utama kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk memperoleh prioritas strategi yang akan dijalankan oleh Pabrik Pengolahan Coklat Chokato. Berdasarkan hasil pada tahap keputusan diperoleh strategi yang memiliki prioritas tertinggi yaitu strategi “Mengembangkan lokasi pabrik menjadi pusat pengolahan dan wisata agro khusus coklat” dan strategi yang memiliki priotitas paling rendah yaitu strategi “Menjual kelebihan bahan bahan baku berupa biji kakao yang sudah di fermentasi”. Kata kunci : Perumusan strategi, analisis SWOT, matriks Evaluasi Faktor, matriks IE, matriks QSP, prioritas strategi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 09 Aug 2016 04:15
Last Modified: 09 Aug 2016 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14489

Actions (login required)

View Item View Item