Pengaruh self control terhadap disiplin tata tertib pada siswa SMA N A

Rini, Dwita Sari (2016) Pengaruh self control terhadap disiplin tata tertib pada siswa SMA N A. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
halaman abstract & abstrak.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Disiplin merupakan kondisi yang tercipta melalui serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban. Adanya disiplin diharapkan siswa dapat mendisiplinkan diri dalam mentaati peraturan sekolah, sehingga proses belajar mengajar menjadi lancar, memudahkan pencapaian tujuan pendidikan, menciptakan siswa yang tidak hanya berprestasi di bidang akademik namun juga berakhlak. Namun, pada kenyataannya masih terdapat siswa SMAN A yang melanggar disiplin. Salah satu penyebabnya adalah siswa merasa berat untuk menjalankan tata tertib. Pada hakikatnya kedisiplinan bukan hanya merupakan kepatuhan yang dipaksakan dari luar, melainkan juga kemampuan self-control yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh self-control terhadap disiplin pada siswa SMAN A. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data didapatkan dari 304 orang siswa SMAN A yang terpilih sebagai subjek dengan metode proportioned stratified random sampling. Skala yang digunakan adalah skala self-control dari Tangney, Baumeister, dan Boone (2004), yang tertidiri dari 30 item dengan reliabilitas 0,90. Sedangkan, skala kedisiplinan dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Prijodarminto (1994), terdiri dari 39 item dengan reliabilitas 0,89. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh self-control terhadap disiplin tata tertib pada siswa SMAN A. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai signifikansi ini membuktikan bahwa self-control berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin tata tertib pada siswa SMAN A. Sedangkan R2 sebesar 0,23 menunjukkan bahwa self-control mempengaruhi disiplin sebesar 23%. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 29 Jul 2016 04:55
Last Modified: 29 Jul 2016 04:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13310

Actions (login required)

View Item View Item