Perbeddaan Tingkat Pengetahuan dan Tindakan Personal Hygiene Saat Menstruasi Sebelum dan Sesudah Penyuluhan di SMP NEGERI 30 PADANG

MAHDAYANTI, RIKE (2023) Perbeddaan Tingkat Pengetahuan dan Tindakan Personal Hygiene Saat Menstruasi Sebelum dan Sesudah Penyuluhan di SMP NEGERI 30 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Penutup)
BAB VII (Penutup).pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (Full Text)
TUGAS AKHIR (FULL TEXT).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Personal hygiene yang sehat ketika menstruasi sangat penting dilakukan dalam upaya mencegah gangguan kesehatan khusus reproduksi ketika menstruasi. Dalam upaya melakukan personal hygiene yang sehat dibutuhkan pengetahuan dan perilaku yang baik terkait personal hygiene ketika menstruasi. Tujuan penelitian ini adalah melihat perbedaan tingkat pengetahuan dan tindakan personal hygiene saat menstruasi sebelum dan sesudah penyuluhan di SMP Negeri 30 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy-Experiment dengan rancangan The One Group Pretest-Posttest Designs dilakukan di SMPN 30 Padang dari bulan Oktober-Desember 2022. Populasi penelitian ini adalah siswi kelas VII-IX. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 83 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Random Sampling. Pengolahan data dilakukan dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test (p<0,05). Hasil penelitian rata-rata tingkat pengetahuan personal hygiene responden saat menstruasi setelah penyuluhan naik dari 5,33 menjadi 8,73 dan tindakan naik dari 40,25 menjadi 66,53. Hasil uji beda tingkat pengetahuan dan tindakan dengan uji wilcoxon didapatkan p value 0,000. Disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara tingkat pengetahuan dan tindakan personal hygiene saat menstruasi pada siswi SMP Negeri 30 Padang sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan. Kata kunci : Personal Hygiene, Menstruasi, Pengetahuan, Tindakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:48
Last Modified: 01 Mar 2023 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125284

Actions (login required)

View Item View Item