Pengaruh Konflik Peran Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Anggota Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah Provinsi Sumatera Barat

Kapur, Aulia Putra (2023) Pengaruh Konflik Peran Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Anggota Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah Provinsi Sumatera Barat. Masters thesis, Andalas University.

[img] Text (Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK..pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I..pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan/Penutup)
BAB V..pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh konflik peran dan kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi pada anggota tim kerja sama daerah Provinsi Sumatera Barat tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan antara konflik peran dan kepemimpinan transformasional pada anggota tim terhadap komitmennya dalam mensukseskan kinerja Tim dalam melaksanakan tugas yang dipengaruhi oleh kepuasan kerja yang diberikan oleh tim. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel adalah 105 orang anggota. Penelitian ini menggunakan Partial Least Squares- Structural Equations Modeling (PLS-SEM) dengan program smartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja sedangkan kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, kemudian kepuasan kerja tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap komitmen organisasi selanjutnya konflik peran tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan kerja kemudian konflik peran tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap komitmen organisasi serta kepuasan kerja tidak memediasi hubungan antara kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi dan kepuasan kerja tidak memediasi konflik peran terhadap komitmen organisasi. maka implikasi penelitian ini adalah melakukan evaluasi proses kerja dan gaya kepemimpinan sehingga mengurangi terjadinya konflik peran terhadap pegawai. Hal itu bisa dilakukan dengan mengurangi tuntutan peran pekerjaan yang melebihi sumber daya yang dimiliki pegawai. Selain itu, menjalin komunikasi yang lebih baik antar pegawai maupun dengan atasan juga dapat meminimalisir terjadinya konflik peran dan diharapkan pemimpin dapat meningkatkan cara-cara dalam memimpin agar meningkatkan kepuasan dan kinerja pegawai karena tolak ukur keberhasilan sebuah instansi adalah keberhasilan bersama yang disebabkan kepuasan dan kinerja pegawainya yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:41
Last Modified: 06 Mar 2023 03:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124647

Actions (login required)

View Item View Item