Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku dalam Penggunaan Sistem Pendaftaran Online Berdasarkan Unified Theory of Accepptance and Use of Technology (UTAUT) di Rumah Sakit Aisyiyah Pariaman

Suradi, Asy Syfa (2023) Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku dalam Penggunaan Sistem Pendaftaran Online Berdasarkan Unified Theory of Accepptance and Use of Technology (UTAUT) di Rumah Sakit Aisyiyah Pariaman. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
1. Judul dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (765kB)
[img] Text (BAB VII)
3. BAB VII.pdf - Published Version

Download (662kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (746kB)
[img] Text (Full Text)
5. Thesis Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Peningkatan kunjungan poliklinik RS Aisyiyah Pariaman pada tahun 2021 menyebabkan kapasitas ruang tunggu rumah sakit tidak memadai sehingga RS Aisyiyah Pariaman menerapkan sistem pendaftaran online agar pelayanan kepada pasien lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi sikap penerimaan masyarakat terhadap penggunaan pendaftaran online dengan menggunakan model Unified Theory of Accepptance and Use of Technology (UTAUT). Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah pasien poliklinik rawat jalan RS Aisyiyah Pariaman yang menggunakan pendaftaran online pada bulan Oktober 2022. Sampel yang diteliti sebesar 243 sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa performance expectancy, effort expectancy, social influence berhubungan signifikan dengan behavior intention. Facilitating conditions, behavior intention berhubungan signifikan dengan use behavior, sedangkan variabel moderasi usia dan pengalaman tidak berhubungan signifikan dalam memoderasi hubungan performance expectancy, effort expectancy, social influence dengan behavior intention dan use behavior. Disarankan rumah sakit membuat kebijakan untuk meningkatkan penggunaan pendaftaran online dengan memperhatikan kinerja, fasilitas serta kemudahan penggunaan pendaftaran online dan membuat sosialisasi sistem pendaftaran online yang menarik dengan memanfaat media sosial, infografis maupun video edukasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Firdawati, M.Kes, PhD
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:23
Last Modified: 22 Feb 2023 08:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123430

Actions (login required)

View Item View Item