HUBUNGAN BULLYING DENGAN MEKANISME KOPING MAHASISWA PROFESI KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG TAHUN 2016

YULIA, EFFENDI (2016) HUBUNGAN BULLYING DENGAN MEKANISME KOPING MAHASISWA PROFESI KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full yulia effendi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Bullying dalam pendidikan keperawatan menjadi fenomena baru yang dihadapi mahasiswa saat menjalankan praktik keperawatan. Bullying yang dialami mahasiswa akan memberikan dampak negatif terhadap mahasiswa. Respon mahasiswa terhadap bullying yang dialami disebut mekanisme koping. Mekanisme koping merupakan hal yang penting dalam menghadapi suatu masalah, kegagalan dalam mengembangkan koping yang adaptif akan memberikan efek negatif pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara bullying dengan mekanisme koping mahasiswa profesi keperawatan Universitas Andalas Padang. Jenis penelitian ini kuantitatif, dengan desain analitik serta pendekatan cross sectional. Jumlah responden 138 orang mahasiswa profesi keperawatan, pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling, dan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan lebih dari separuh (68,1%) mahasiswa mengalami bullying rendah dan sebagian besar (79%) mahasiswa menggunakan mekanisme koping adaptif. Hasil uji statistik chi square dengan nilai p = 0,000 menunjukkan ada hubungan antara bullying dengan mekanisme koping mahasiswa Profesi keperawatan. Diharapkan perawat ruangan dan dosen dapat meninjau kembali beban kerja atau tugas yang diberikan kepada mahasiswa dan sebaiknya beban kerja atau tugas diberikan dengan waktu yang sesuai dan diharapkan mahasiswa dapat merespon bullying dengan meningkatkan penggunaan koping yang adaptif serta meningkatkan kemampuan sosialisasi dan komunikasi yang efektif dalam berhubungan dengan orang lain seperti ikut serta dalam kegiatan kemahasiswaan dan lain-lain. Kata kunci : Bullying, Mekanisme Koping, Mahasiswa Profesi Keperawatan Daftar pustaka : 50 (2005 – 2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:12
Last Modified: 21 Jul 2016 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12163

Actions (login required)

View Item View Item