Faktor Yang Berhubungan Dengan Gangguan Psikologis Tenaga Kesehatan Khusus Penanganan Covid-19 Di Beberapa Rumah Sakit Kota Padang

Egi, Nisura (2022) Faktor Yang Berhubungan Dengan Gangguan Psikologis Tenaga Kesehatan Khusus Penanganan Covid-19 Di Beberapa Rumah Sakit Kota Padang. Masters thesis, Universaitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (BAB 6 KESIMPULAN SARAN)
BAB 6 KESIMPULAN SARAN.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Tesis Egi Nisura)
Upload Tesis Egi Nisura.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Coronavirus disease 2019 menular dengan sangat mudah dan dalam waktu yang cepat secara global dikategorikan kedalam pandemi. Jumlah kasus yang dikonfirmasi dan terus meningkat, beban kerja yang berlebihan dapat berkontribusi pada beban mental pekerja tenaga kesehatan. Tenaga kesehatan pada masa pandemi terdeteksi mengalami tingkat stres yang tinggi , kecemasan dan dampak psikologis negative. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor yang berhubungan dengan gangguan psikologis pada tenaga kesehatan khusus penanganan covid-19 di beberapa rumah sakit kota padang. Desain studi penelitian ini adalah explanatory sequential mixed methods diawali penelitian kuantitatif dengan studi potong lintang kemudian dijelaskan lebih mendalam dengan penelitian kualitatif. Populasi adalah seluruh tenaga kesehatan yang bekerja di 3 rumah sakit umum pemerintah di wilayah kota padang yaitu 1218 orang. Data primer dilakukan dengan kuisioner dan wawancara mendalam . Data analisis dengan uji chi-square dengan 95%ci dan uji anova. Hasil penelitian gangguan psikologis menunjukan 5,2% mengalami depresi tingkat sedang, 8,7% mengalami kecemasan tingkat sedang tidak terdapt hubungan jenis ketenagaan, interaksi, tempat tinggal dan tidak terdapat perbedaan rata-rata lama bekerja dan pendapatan pada tenaga kesehatan khusus penanganan covid-19. Tenaga kesehatan khusus penangan covid-19 dengan jenis tenaga keperawatan dan pendapatan dibawah rata-rata berhubungan dengan kejadin gangguan kecemasan. Oleh karena itu disarankan kepada tenaga kesehatan untuk dapat mengidentifikasi gangguan psikologis yang dirasakan, mencari jalan keluar sebagai upaya mempertahankan kesehatan mental.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Husna Yetti, Ph.D Kamal Kasra, SKM, MQIH, Ph.D
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:51
Last Modified: 30 Dec 2022 08:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121432

Actions (login required)

View Item View Item