Efektivitas Edukasi Gizi Menggunakan Media Video dan Leaflet Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Tentang Konsumsi Makanan Sumber Zat Besi pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas

Muthia, Leonita Cania (2022) Efektivitas Edukasi Gizi Menggunakan Media Video dan Leaflet Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Tentang Konsumsi Makanan Sumber Zat Besi pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (Bab 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
MUTHIA LEONITA CANIA_1811221013_SKRIPSI FULL.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Anemia kehamilan merupakan masalah yang banyak ditemukan diseluruh dunia. Prevalensi anemia kehamilan di Indonesia pada tahun 2018 yaitu sebesar 48,9%. Salah satu penyebab anemia pada ibu hamil adalah asupan zat besi yang kurang selama hamil. Edukasi gizi dapat merubah pengetahuan, sikap dan perilaku makan seseoran menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektvitas pemberian edukasi gizi menggunakan media video dan leaflet terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku tentang konsumsi makanan sumber zat besi pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen pre – post test with control group design. Media yang digunakan adalah video dan leaflet. Penelitian ini dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas dari bulan Maret – Desember 2022. Sampel terdiri dari 60 ibu hamil, menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon , Mann Whitney, Paired dan Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap skor rata-rata pengetahuan dan perilaku ibu hamil sebelum dan sesudah edukasi gizi antara kelompok video dan leaflet yang ditandai dengan nilai p-value 0,000. Sedangkan, pada sikap tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah edukasi gizi antara kelompok video dan leaflet yang ditandai dengan nilai p-value 0,523. Hasil uji Gain Score menunjukkan bahwa nilai gain score pada media video besar daripada media leaflet yang berarti media video lebih efektif dibandingkan dengan media leaflet dalam merubah pengetahuan dan perilaku ibu hamil. Pemberian edukasi menggunakan media video lebih efektif dibandingkan dengan media leaflet dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu hamil. Diharapkan puskesmas dapat memanfaatkan media video sebagai salah satu media alternatif dalam pemberian edukasi gizi kepada ibu hamil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Helmizar, SKM, M. Biomed Dr. Azrimaidaliza, SKM, MKM
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 29 Dec 2022 06:43
Last Modified: 29 Dec 2022 06:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120921

Actions (login required)

View Item View Item