STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN ORANG DENGAN PENYAKIT KRONIS DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI WILAYAH RW 05 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Annisa, Fauziah (2022) STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN ORANG DENGAN PENYAKIT KRONIS DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI WILAYAH RW 05 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK ANNISA FAUZIAH.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I ANNISA FAUZIAH.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (BAB V)
BAB AKHIR ANNISA FAUZIAH.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA ANNISA FAUZIAH.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
KIA FULL ANNISA FAUZIAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penderita penyakit kronis merupakan salah satu kelompok yang rentan untuk menghadapi keadaan darurat. Kerentanan kelompok dengan penyakit kronis dalam menghadapi bencana disebabkan oleh gangguan pada kondisi kesehatan secara fisik dan terputusnya perawatan kesehatan rutin dengan fasilitas pelayanan kesehatan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kesiapsiagaan orang dengan penyakit kronis dalam menghadapi bencana gempa bumi di RW 05 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kriteria inklusi partisipan pada penelitian ini adalah orang dengan penyakit kronis RW 05 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Dari hasil penelitian didapatkan 3 tema, yaitu 1) Kesiapan Rencana Tanggap Darurat (2) Sumber daya penderita penyakit kronis dan (3) Harapan Penderita Penyakit Kronis dalam Menghadapi Bencana. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapakan pelayanan keperawatan khususnya dalam perawat komunitas bisa melakukan upaya peningkatan kesiapsiagaan penderita penyakit kronis melalui penyuluhan mengenai tas siaga bencana serta rencana evakuasi yang diperlukan bagi orang dengan penyakit untuk menghadapi bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, M.Kep., Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: orang penyakit kronis, gempa bumi, kesiapsiagaan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:31
Last Modified: 09 Dec 2022 04:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117886

Actions (login required)

View Item View Item