Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Ilearn Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Universitas Andalas

Cindi, Defita Sari (2022) Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Ilearn Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (646kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
1810841003-Cindi Defita Sari-Skripsi Fiks banget_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran ilearn pada masa pandemi covid-19 di Universitas Andalas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepuasan mahasiswa dalam menggunakan ilearn terutama pada masa pandemi covid-19. Ilearn merupakan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam penggunaanya terdapat fitur yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran terutama pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No.107/U/2001 Tentang Penyelenggaraan Program Pendidikan Tinggi Jarak Jauh dan Surat Edaran Rektor Universitas Andalas No.9/UN.16R/SE/2020 Tentang Kegiatan Kampus Dalam Rangka Kewaspadaan Pandemi Covid-19, hal ini dikarenakan terjadinya wabah yang melanda seluruh dunia sehingga sistem pembelajaran dilakukan secara online salah satunya menggunakan media elektronik yaitu Ilearn. Namun, beralihnya proses pembelajaran dari offline menjadi online dengan menggunakan ilearn mengakibatkan terjadinya ketidakpuasan mahasiswa yang disebabkan oleh masalah ketika mengakses ilearn saat perkuliahan berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Agar kuesioner dapat menjadi alat ukur yang valid, reliabel dan objektif maka dilakukan uji validitas menggunakan koleralsi Bivariate Pearson dan uji reliabilitas menggunakan metode Cronbach’s Alpha. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menurut analisis statistik deskriptif, kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan ilearn sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di Universitas Andalas berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 72%. Dari hasil perhitungan tingkat capaian responden tersebut dapat dinyatakan bahwa kepuasan mahasiswa Universitas Andalas dalam menggunakan Ilearn masih berada pada kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ria Ariany, M.Si
Uncontrolled Keywords: kepuasan mahasiswa dan ilearn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:49
Last Modified: 25 Oct 2022 02:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115752

Actions (login required)

View Item View Item