Cyndi, Fajrani (2022) Gambaran Strategi Coping Mahasiswa yang Sedang Menyelesaikan Skripsi di Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (195kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (172kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (128kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (151kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Selama menyelesaikan skripsi, mahasiswa dapat menghadapi beberapa permasalahan diantaranya kesulitan mencari referensi dan memahami topik penelitian, kendala penulisan bahasa, serta kesulitan berkonsultasi dan mengatur jadwal dengan dosen pembimbing. Permasalahan yang dihadapi dapat memunculkan perasaan negatif berupa kekhawatiran, kurang motivasi, pesimis, perasaan tegang dan frustasi. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya untuk mengelola dan menyelesaikan permasalahan melalui strategi coping. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi coping mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi di Universitas Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Responden penelitian berjumlah 206 orang mahasiswa Universitas Andalas yang sedang menyelesaikan skripsi. Sampel didapatkan dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan alat ukur Ways of Coping (α = .950). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi coping yang banyak dilakukan mahasiswa selama menyelesaikan skripsi adalah emotion focused coping dengan hasil persentase 53%. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung akan mengontrol respon emosinya terhadap situasi yang menimbulkan tekanan. Kata Kunci: Mahasiswa, Strategi coping, Skripsi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | s1 psikologi psikologi |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 08:02 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 08:02 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115150 |
Actions (login required)
View Item |