Anggi, Afriliza Putri (2022) Jaringan Sosial Aktor Produk Herbal Leafhea Di Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (111kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab IV Penutup)
BAB IV Penutup.pdf - Published Version Download (42kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (152kB) |
|
Text (Skripsi full text)
Full Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Leafhea merupakan salah satu produk herbal yang menggunakan metode pemasaran MLM dengan merek dagang yang masih dalam tahap berkembang karena perusahaan yang baru berdiri pada tahun 2020. Leafhea memiliki banyak stokist yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya yaitu di Kota Bukittinggi. Dalam usaha marketing MLM Leafhea, dibutuhkan mekanisme yang melibatkan banyak orang dengan tujuan untuk memperluas jaringan bisnis. Dengan semakin luasnya jaringan yang mereka bentuk maka akan semakin menambah keuntungan bagi marketing mereka. sistem jaringan bisnis dalam Leafhea sangat mengandalkan adanya hubungan sosial antara masyarakat konsumsi dan komunitas member MLM Leafhea. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bentuk jaringan sosial sosial antar Aktor produk herbal Leafhea di Kota Bukittinggi dan mengetahui bentuk pemanfaatan teknologi oleh aktor dalam menjalankan bisnis Leafhea. Penelitian ini menggunakan teori jaringan yang dikemukakan oleh Mark Granovetter dalam menjelaskan bentuk hubungan di dalam jaringan antar aktor dan menjelaskan bentuk keterlekatan antar aktor serta bagaimana bentuk pemanfaatan teknologi oleh para aktor dalam menjalankan bisnis herbal leafhea. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe pendekatan deskriptif. Pemilihan informan dengan cara purposive sampling dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam dan observasi. Temuan penelitian ini antara lain, yaitu aktor pelaku jaringan sosial Leafhea Bukittinggi adalah Leafhea pusat, distributor, reseller, dan konsumen. Selanjutnya adalah ditemukan informasi mengenai waktu, tempat, dan jumlah transaksi yang dilakukan oleh aktor Leafhea Bukittinggi. Terakhir, jaringan sosial yang sudah terbentuk adalah berupa hubungan kesamaan wilayah tempat tinggal, hubungan rekan kerja, hubungan kekeluargaan. Adapun hubungan dalam konsep keterlekatan di antara aktor adalah berupa keterlekatan struktural dan keterlekatan relasional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Drs. Rinaldi Eka Putra, M.Si Dra. Nini Anggraini, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Jaringan Sosial, Multi Level Marketing, Herbal Leafhea |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 07:35 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 07:35 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114406 |
Actions (login required)
View Item |