KELUHAN PENGUNJUNG TERHADAP KONDISI PANTAI PADANG

Gusman, Ramadini (2022) KELUHAN PENGUNJUNG TERHADAP KONDISI PANTAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (BABA I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB IV (Penutup).pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dari pengamatan awal yang peneliti lakukan di Pantai Padang, terlihat ada ketidaksesuaian perilaku dari pedagang yang menimbulkan keluhan bagi pengunjung, seperti perilaku pedagang dalam mematuhi aturan dari pemerintah kota, cara memelihara lingkungan tempat berjualan, perilaku menjual barang kepada pengunjung, perilaku menawarkan harga atau barang kepada pengunjung, dan perilaku mempromosikan barang kepada pengunjung. Perilaku pedagang seperti pada uraian di atas berdampak pada keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pengunjung wisata di Pantai Padang. Ditemukan pengunjung yang tidak nyaman dan memiliki keluhan terhadap beberapa hal yang dilakukan oleh pedagang di Pantai Padang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan penelitian yang peneliti pilih dengan teknik accidental sampling (kebetulan) serta dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Terdapat 15 informan yakninya 5 informan pelaku dan 10 informan pengamat. Dalam penelitian ini menggunakan teori paradigma perilaku sosial yaitu teori Behavioral Sociology oleh Skinner. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat beberapa keluhan yang dirasakan oleh pengunjung terhadap pedagang serta pandangan pedagang terkait dengan keluhan yang diberikan oleh pengunjung. Berdasarkan hasil temuan peneliti ada beberapa keluhan yang umumnya disampaikan oleh pengunjung yaitu, kurangnya sopan santun para pedagang, terdapat beberapa pedagang yang memaksa, pedagang yang terlalu banyak sehingga mengurangi kenyamanan berwisata, terlalu banyak pengamen dan pengemis yang berdatangan ke tempat pedagang berjualan, dan kebersihan area berjualan yang tidak terjaga. Berdasarkan semua keluhan yang disampaikan pengunjung terdapat beberapa hal yang disetujui ataupun tidak disetujui oleh pedagang. Keluhan yang diakui oleh pedagang adalah mengenakan pakaian yang tidak sopan saat berjualan, terlalu banyak pengemis dan pengamen yang silih berganti mengganggu kenyamanan pengunjung, dan pedagang yang semakin bertambah tanpa adanya pengelolaan lokasi berjualan. Lalu ada beberapa hal yang tidak disetujui pedagang tentang keluhan dari pengunjung yaitu, kebersihan tempat wisata dan berjualan yang kurang baik, serta pedagang yang memaksa pengunjung membeli dagangan mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Ardi Abbas, MT
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Pedagang, Pengunjung, Wisata
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:28
Last Modified: 06 Oct 2022 03:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114226

Actions (login required)

View Item View Item