AYU, MUTHIA SEPTIYADI (2022) ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA AIR TERJUN DAN HUBUNGANNYA DENGAN POTENSI PEMASARAN PRODUK PERTANIAN LOKAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak watermark.pdf - Published Version Download (188kB) |
|
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (224kB) |
|
Text (Bab Akhir Penutup atau Kesimpulan)
BAB Akhir (Penutup atau kesimpulan).pdf - Published Version Download (277kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (191kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI AYU MUTHIA SEPTIYADI Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Wisata air Aek Sijorni merupakan usaha yang memanfaatkan sumberdaya alam berupa sungai sebagai sumber utama objek wisata. Sebagai pemberi pelayanan jasa, wisata Aek Sijorni harus meningkatkan fasilitas serta kualitas pelayanan jasa kepada pengunjung wisata. Keberadaan wisata ini memberikan kontribusi dalam pertumbuhan pertanian yang ada di daerah tersebut melalui pemanfaatan potensi wisata sebagai wadah dalam menjual produk pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan wisata air Aek Sijorni yang berada di Tapanuli Selatan, menganalisis tingkat kepuasan pengunjungnya, dan menganalisis hubungan wisata terhadap pemasaran pertanian lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat analisis Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara dengan manajer wisata, pedagang yang ada di lokasi wisata serta pemerintah setempat sebagai informan kunci, dan penyebaran kuisioner kepada 67 orang pengunjung wisata yang dipilih dengan metode non probability sampling. Hasil penelitian mnunjukkan bahwa pengelolaan wisata Aek Sijorni sudah memiliki berbagai perencanaan, serta memiliki susunan organisasi yang rapi dan pembagian kerja yang jelas, akan tetapi belum melaksanakan tugas sesuai dengan yang ditentukan. Analisis kepuasan pengunjung atau Importance Performance Analysis (IPA) menghasilkan rata-rata tingkat kepentingan mencapai 4,16 yang berarti penting, dan untuk tingkat kinerjanya mencapai 3,86 yang artinya secara keseluruhan tingkat kinerja dinilai bagus oleh para pengunjung. Nilai indeks kepuasan pengunjung berada pada kategori puas dengan nilai Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 0,78. Pihak pengelola wisata harus memperbaiki dan meningkatkan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kepuasan pengunjung dan meningkatkan peranannya di dalam pemasaran produk pertanian lokal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Cipta Budiman, S.Si.,M.M |
Uncontrolled Keywords: | hubungan pariwisata dan pertanian, manejemen pengelolaan wisata, kepuasan pengunjung. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 07:26 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 07:26 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113748 |
Actions (login required)
View Item |