PENERAPAN ENTERPRISE RESOURCES PLANNING (ERP) PADA SISTEM PEMBELIAN, MANUFAKTUR, PENJUALAN DAN INVENTORY DI USAHA KERIPIK SINGKONG DAN TALAS JABAL RAHMAH

Dwi, Rizki Arni (2016) PENERAPAN ENTERPRISE RESOURCES PLANNING (ERP) PADA SISTEM PEMBELIAN, MANUFAKTUR, PENJUALAN DAN INVENTORY DI USAHA KERIPIK SINGKONG DAN TALAS JABAL RAHMAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Karya Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Keripik Singkong dan Talas Jabal Rahmah merupakan usaha keripik yang sudah memasarkan produknya ke 700 toko. Dalam proses bisnisnya usaha keripik ini masih dilakukan secara manual sehingga tidak ada pencatatan yang akurat pada setiap proses yang dilakukan. Ini mengakibatkan setiap pembuatan laporan bulanan usaha keripik ini kesulitan mengumpulkan semua faktur-faktur transaksi yang terjadi selama sebulan sebelumnya. Oleh karena itu diusulkan untuk menerapkan aplikasi ERP di usaha keripik ini. Tahapan yang dilakukan yaitu dimulai dengan studi pendahuluan yaitu menganalisa masalah yang terjadi pada objek dan tujuan penelitian yang dilakukan. Kemudian selanjutnya dilakukan studi literatur untuk mencari penelitian-penelitian sebelumnya yang terkait dengan penelitian yang dilakukan saat ini yaitu tentang penerapan aplikasi ERP. Selanjutnya dilakukan tahap wawancara dengan pemilik toko usaha keripik dan observasi langsung mengamati proses bisnis yang terjadi. Hasil dari pengumpulan data dilakukan analisis proses bisnis dan merancang proses bisnis yang diusulkan dengan menggunakan BPMN (Business Process Model Notation). Selanjutnya dilakukan penerapan aplikasi ERP pada objek dan pengujian aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ERP dapat mengatasi permasalahan pada pembelian, manufaktur, penjualan, dan inventory pada Keripik Singkong dan Talas Jabal Rahmah. Keywords : Enterprise Resource Planning (ERP), pembelian, manufaktur, penjualan, inventory, BPMN, use case diagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:56
Last Modified: 23 Jun 2016 04:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11265

Actions (login required)

View Item View Item