Elgi, Verdian Abdillah (2022) Kajian Pemasaran dan Aspek Finansial Produk Pengolahan Susu (Studi Kasus di UPS Permata Ibu Padang Panjang). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version Download (698kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (595kB) |
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version Download (497kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (178kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Elgi_Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pemasaran, aspek finansial, dan sanitasi pengolahan yang diterapkan di UPS Permata Ibu selama tiga tahun terakhir, saat ini, dan kedepannya serta memberikan saran pembaharuan jika diperlukan. Metode penelitian menggunakan metode kombinasi. Metode yang digunakan pada kajian pemasaran dan sanitasi pengolahan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan studi kasus dan analisis aktivitas, serta metode yang digunakan pada kajian aspek finansial menggunakan metode kuantitatif Benefit Cost Ratio (BCR), Break Even Point (BEP) dan Payback Period (PBP). Hasil penelitian menunjukkan UPS Permata Ibu telah menerapkan pemasaran dengan baik dan dapat dianalisis melalui bauran pemasaran. UPS Permata Ibu selama tiga tahun terakhir memfokuskan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan cara memperbaharui tempat pengolahan dan mengurus perizinan,dan dilanjutkan dengan penerapan branding Serambi Milk pada saat ini dengan beberapa strategi pemasaran yang diterapkan seperti diversifikasi produk, wisata edukasi, paid promote, kerjasama dengan komunitas yang ada di Padang Panjang, penerapan digital marketing, dan pembangunan booth cabang. Untuk kedepannya UPS Permata Ibu tidak terlalu memfokuskan di pemasaran demi fokus mengatasi permasalahan supply. Indeks kelayakan finansial di UPS Permata Ibu untuk tahun 2020 kecil dari angka 1 pada metode BCR, sehingga kurang layak dan diperlukan pembenahan. Nilai BEP & PP tahun 2020 tidak dapat diperhitungkan. Indeks kelayakan finansial untuk tahun 2021 dan 2022 dengan metode BCR lebih besar dari 1 sehingga layak untuk dilanjutkan. Tingkat sanitasi pengolahan masih cukup kurang dan perlu ditingkatkan menurut pengamatan peneliti dan data yang didapatkan di lapangan. Kata kunci : strategi, pemasaran, digital marketing, aspek finansial, sanitasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Ir. Gunarif Taib, M.Si. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | s1 tekhasilpertanian fateta |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 03:23 |
Last Modified: | 02 Sep 2022 03:23 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112230 |
Actions (login required)
View Item |