Peningkatan Efisiensi Waktu Aging Proses Refurbished Mobil Dengan Pendekatan Plan-Do-Check-Action Di PT XYZ

Wirna, Afrileni (2022) Peningkatan Efisiensi Waktu Aging Proses Refurbished Mobil Dengan Pendekatan Plan-Do-Check-Action Di PT XYZ. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (519kB)
[img] Text (Bab 1 - Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (549kB)
[img] Text (Bab 5 - Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (758kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full_Wirna Afrileni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PT XYZ merupakan salah satu bidang usaha PT ABC yang menyediakan jasa rental mobil harian dan mingguan kepada driver car. Perusahaan berupaya untuk menyalurkan secara optimal mobil yang dimiliki untuk direntalkan kepada driver. Namun, sampai saat ini tidak semua mobil yang dimiliki perusahaan dapat direntalkan kepada driver karena beberapa mobil berada dalam status idle atau disebut dengan idle car. Idle car merupakan mobil dalam proses refurbished mobil dan impounded. Saat ini, waktu aging aktual proses refurbished mobil melebihi dari waktu aging standar yang telah ditetapkan perusahaan. Hal ini menyebabkan mobil semakin lama untuk dapat direntalkan kepada driver. Hal ini akan berdampak terhadap profit perusahaan, karena tidak ada pemasukan rental fee bagi perusahaan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penurunan waktu aging proses refurbished mobil dengan melakukan quality control circle menggunakan metode PDCA (Plan-Do-Check-Action). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penerapan metode PDCA pada proses refurbished mobil untuk meningkatkan efisiensi waktu aging dan menganalisis aspek quality, cost, delivery, morale dan productivity. Berdasarkan identifikasi aktivitas ditemukan aktivitas in repair, in service dan preparation dengan waktu aging aktual melebihi waktu aging standar yang ditetapkan perusahaan. Tahapan selanjutnya dilakukan pembuatan fishbone diagram untuk mengidentifikasi akar penyebab masalah dari setiap proses. Tahap Plan dirancang ide perbaikan menggunakan metode 5W+1H. Tahap Do dilakukan implementasi rancangan perbaikan yang diusulkan. Tahap Check yaitu melihat waktu aging dan jumlah idle car berdasarkan hasil implementasi yang dilakukan serta analisis terhadap aspek quality, cost, delivery, morale dan productivity. Tahap terakhir yaitu Action melakukan tahapan PDCA kembali untuk menurunkan waktu aging dengan aktivitas yang diperbaiki yaitu Grading dan Touch Up. Berdasarkan hasil implementasi diperoleh rata-rata waktu aging In Repair setelah perbaikan yaitu 3.833 hari dari sebelumnya 5.333 hari, In Service yaitu 3.333 hari dari sebelumnya 6 hari dan Preparation menjadi 0.9667 hari dari sebelumnya 1.333 hari. Sedangkan, jumlah idle car pada minggu keempat Agustus yaitu unit dan mengalami penurunan sampai minggu pertama Januari 2022 yaitu 95 unit. Berdasarkan implementasi perbaikan proses Grading dan Touch Up diperoleh jumlah idle car minggu ketiga Januari yaitu 90 unit dan minggu keempat Januari 86 unit dengan waktu aging aktual satu hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. DINA RAHMAYANTI, M. Eng
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:58
Last Modified: 31 Aug 2022 06:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111704

Actions (login required)

View Item View Item