HUBUNGAN STRATEGI KOPING DENGAN KECEMASAN MAHASISWA KEPERAWATAN YANG KEMBALI KULIAH TATAP MUKA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ita, Purnama Sari (2022) HUBUNGAN STRATEGI KOPING DENGAN KECEMASAN MAHASISWA KEPERAWATAN YANG KEMBALI KULIAH TATAP MUKA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (BAB 7 PENUTUP)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pada masa pandemi COVID-19 saat ini yang mana menjadikan sumber kecemasan pada mahasiswa untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka secara lansung, strategi koping menjadi salah satu upaya yang dapat mengurangi kecemasan pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan strategi koping dengan kecemasan pada mahasiswa keperawatan yang kembali kuliah tatap muka Pada Masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional yang menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 166 responden, dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Generalized Anxiety Disorder 7 (GAD-7) untuk mengukur kecemasan dan Brief-Coping Behavior Questionnaire (Brief-COPE) untuk variabel strategi koping. Hasil pada penelitian ini menujukan mahasiswa lebih banyak menggunakan strategi koping problem focused coping dengan rerata 5,77 dan rerata skor kecemasan pada mahasiswa keperawatan adalah 7,99 (ringan). Hasil uji statisik person product moment yang menunjukan adanya hubungan antara strategi koping dengan kecemasan (p<0,001) pada mahasiswa keperawatan yang kembali kuliah tatap muka Pada Masa pandemi COVID-19 yang memiliki arah negatif atau berlawanan (r = -0,454) dengan kekuatan cukup kuat atau sedang. Penelitian ini menyarankan kepada mahasiswa untuk menggunakan strategi koping agar dapat mengatasi kecemasan pada mahasiswa saat melakukan pembelajaran secara lansung atau praktik klinik di RS sehingga mahasiswa dapat beradaptasi agar tidak menggangu konsentrasi belajar pada mahasiswa maupun dalam keadaan pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S.Kp., MA
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Kecemasan, Strategi Koping, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:26
Last Modified: 29 Aug 2022 04:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110767

Actions (login required)

View Item View Item