PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN TENTANG MENSTRUAL HYGIENE REMAJA PUTRI SMP NEGERI 10 PADANG TAHUN 2021

Fajar, Alifah (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN TENTANG MENSTRUAL HYGIENE REMAJA PUTRI SMP NEGERI 10 PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover-Abstrak)
Cover-Abstrak Alifah.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
SKRIPSI_FAJAR ALIFAH _2.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI_FAJAR ALIFAH _8.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI_FAJAR ALIFAH (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Praktik menstrual hygiene yang buruk pada remaja putri terjadi di banyak negara dapat menyebabkan dampak pada kesehatan seperti infeksi saluran reproduksi (ISK). Salah satu upaya pencegahannya adalah pemberian intervensi pendidikan kesehatan menstrual hygiene dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi media sosial seperti whatsapp. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan tentang menstrual hygiene remaja putri SMP Negeri 10 Padang tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment. Sampel penelitian ini adalah 78 remaja putri SMP Negeri 10 Padang kelas VII dan VIII. Sample dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 39 responden sebagai kelompok intervensi dan 39 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan, sikap dan tindakan menstrual hygiene. Data dianalisis menggunakan uji t paird test dengan hasil terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang menstrual hygiene pada kelompok intervensi dengan nilai p value pada pengetahuan p=0.000, sikap (p=0,000), dan tindakan p=0,000, sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang menstrual hygiene dengan nilai p value pada pengetahuan p=0.147, sikap p=0,549 dan tindakan p=0,637. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi sekolah untuk memanfaatkan media sosial sebagai media edukasi terutama whatsapp untuk lebih mengenal kesehatan reproduksi atau membahas isu sensitif di bidang reproduksi lainnya karena dapat menyesuaikan perkembangan teknologi yang banyak digunakan remaja sehingga lebih menarik minat remaja dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Menstrual Hygiene Daftar Pustaka : 48 (1998-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Lili Fajria, S. Kep., M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:23
Last Modified: 25 Aug 2022 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110210

Actions (login required)

View Item View Item