MODEL DESWITA (DETECTION AND EDUCATION FOR OBESITY IN ADOLESCENTS WITH DIGITAL ASSISTANCE) BAGI PERAWAT FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA UNTUK PENATALAKSANAAN KEPERAWATAN OBESITAS PADA REMAJA DI KOTA PADANG

Deswita, Deswita (2022) MODEL DESWITA (DETECTION AND EDUCATION FOR OBESITY IN ADOLESCENTS WITH DIGITAL ASSISTANCE) BAGI PERAWAT FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA UNTUK PENATALAKSANAAN KEPERAWATAN OBESITAS PADA REMAJA DI KOTA PADANG. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (BAB VII ( Kesimpulan dan Saran ))
BAB VII Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

maupun negara berkembang. Hal ini memerlukan intervensi penatalaksaan keperawatan obesitas pada remaja dengan media yang disukai remaja yaitu berupa aplikasi digital berbasis website. Model DESWITA sebagai model intervensi penatalaksanaan keperawatan obesitas remaja merubah perilaku kesehatan remaja menjadi lebih baik dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, tindakan, aktivitas fisik remaja dan dukungan keluarga dalam penatalaksanaan keperawatan obesitas. Metode penelitian dilakukan secara R & D (Research and Development) dengan metode ADDIE (Analyze Design Development, Implementation, Evaluation) pada remaja yang ada di Kota Padang. Model DESWITA dan modul yang dibangun dari kebutuhan pengetahuan, sikap, tindakan, dukungan keluarga dan aktivitas fisik tentang masalah nutrisi dan aktivitas fisik dalam upaya penalataksanaan keperawatan obesitas remaja. Hasil penelitian menunjukkan terjadi perbedaan bermakna pada pengetahuan remaja (p<0.001), sikap remaja (p<0.001), tindakan remaja (p<0.001), dukungan keluarga (p<0.001), dan aktivitas fisik fisik (p<0.001) pada kelompok intervensi dan kontrol sebelum dan sesudah implementasi. Tidak terdapat perbedaan bermakna pada penurunan berat badan pada remaja dengan nilai p=0,756. Model DESWITA dapat menjadi rujukan dalam melakukan deteksi dan edukasi penatalaksanaan keperawatan obesitas pada remaja. Perlu kebijakan pemerintah dan komitmen yang tinggi dari pemegang program gizi tentang masalah gizi dan aktivitas fisik remaja untuk menggunakan model DESWITA dalam pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama/Puskesmas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S3)
Depositing User: S3 Kesehatan masyarakat FK UNAND
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:14
Last Modified: 02 Aug 2022 04:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108098

Actions (login required)

View Item View Item