HUBUNGAN ANTARA TINGKAT SPIRITUAL DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI KEMATIAN PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KURANJI KOTA PADANG TAHUN 2021

Ahmad, Mudhofir (2021) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT SPIRITUAL DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI KEMATIAN PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KURANJI KOTA PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (364kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi_Ahmad_Mudhofir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Februari 2022 Nama : Ahmad Mudhofir NIM : 2011316041 Hubungan Antara Tingkat Spiritual Dengan Kecemasan Menghadapi Kematian Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Padang Tahun 2021 ABSTRAK Lansia adalah penduduk yang berusia 60 tahun ke atas dengan status kesehatan yang cenderung menurun sehingga dapat menyebabkan perasaan cemas akan kondisi kesehatan bahkan kematian biasanya di alami oleh seserang yang memiliki tingkat spiritual rendah. Teori End of Life tidak hanya fokus pada kematian tetapi juga kedamaian dan makna hidup. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara tingkat spiritual terhadap kecemasan menghadapi kematian lansia di Wilayah kerja Puskesma Kuranji kota Padang tahun 2021. Desain penelitian menggunakan cross sectional study dengan jumlah sampel 127 responden menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukan mayoritas responden dengan tingkat spiritual tinggi memiliki kecemasan menghadapi kematian sedang, terbukti hasil chi-square p-value = 0,018. diharapkan bisa menjadi masukan kepada para tenaga kesehatan Puskesmas untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang tingkat spiritual dengan kecemasan menghadapi kematian pada lansia. Kata kunci : Lansia, Spiritual, Kecemasan Kematian Daftar Pustaka : 58 (2011 - 2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 14 Jul 2022 04:17
Last Modified: 14 Jul 2022 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107314

Actions (login required)

View Item View Item