PENYELESAIAN LAPORAN MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN KESEHATAN DI RSUP M.DJAMIL PADANG OLEH OMBUDSMAN SUMATERA BARAT

DEVITA, SARI PUSPITA (2016) PENYELESAIAN LAPORAN MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN KESEHATAN DI RSUP M.DJAMIL PADANG OLEH OMBUDSMAN SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK DSP 2.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
2pdf.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3pdf.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4pdf.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat, dan merupakan hak masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Negara mempunyai kewajiban dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta Peraturan Perundang-Undangan yang mendukung yaitu Undang-Undang Nomor 25 tentang Pelayanan Publik, Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 Tentang Rumah Sakit, dan Undang-Undang 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia. Dalam penyelenggraannya, pelayanan kesehatan yang merupakan bagian dari pelayanan publik tidak berjalan mulus. Terdapat keluhan-keluhan yang dirasakan oleh masyarakat mengenai pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit sebagai instansi penyelenggara. Indonesia mempunyai suatu lembaga yang bertugas untuk mengawasi dan menyelesaikan laporan masyarakat yang bernama ombudsman yang berkedudukan di ibukota Negara, namun memupunyai perwakilan di ibukota provinsi. Ombudsman sumatera barat menerim laporan yang berasal dari masyarakat sebagai pengguna pelayanan kesehatan di RSUP M.Djamil padang. Adapun permasalahan yanf akan dikemukakan pada skripsi ini yaitu : 1. Bagaimanakah penyelesaian laporan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di RSUP M.Djamil Padang oleh Ombudsman Sumatera Barat. 2. Apa kendala yang dihadapi ombudmsan sumatera barat dalam menyelesaikan laporan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di RSUP M.Djamil Padang. Penulis menggunakan jenis penulisan yuridis sosilogis. Teknik pengumpulan data dengan cara studi dokumen dan wawancara. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ombudsman sumatera barat dalam menyelesaikan laporan dari masyarakat sudah sesuai dengan peraturan ombudsman dan kendala yang dihadapi dalam penyelesaian laporan tersebut datang dari pihak internal maupun eskternal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: s1 ilmu hukum
Date Deposited: 02 Jun 2016 04:38
Last Modified: 02 Jun 2016 04:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9963

Actions (login required)

View Item View Item