HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN MANAJEMEN PERAWATAN DIRI PADA PENDERITA HIPERTENSI DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS TAHUN 2021

THREE, NUR OKTAVIA (2022) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN MANAJEMEN PERAWATAN DIRI PADA PENDERITA HIPERTENSI DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS TAHUN 2021. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit kronis diberbagai negara. Data WHO sekitar 26,4% orang disuluruh dunia mengidap hipertensi, angka ini kemungkinan akan meningkat menjadi 29,2% pada tahun 2025. Manajemen perawatan diri hipertensi adalah tindakan yang sangat penting bertujuan menormalkan tekanan darah dan menurunkan faktor resiko komplikasi hipertensi. Salah satu faktor penting dalam melakukan manajemen perawatan diri pada penyakit hipertensi adalah self efficacy, seseorang yang memiliki self efficacy tinggi akan lebih cenderung mempunyai keyakinan dan kemampuan dalam mencapai sesuatu yang ingin dituju yaitu upaya peningkatan kesehatan melalui manajemen perawatan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan manajemen perawatan diri pada penderita hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas tahun 2021. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 144 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan cara memberikan kuesioner kepada responden untuk melihat tingkat self efficacy dan manajemen perawatan diri pada penderita hipertensi, kemudian dianalisis menggunakan chi-square dengan nilai signifikasi p<0,005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir sebagian besar responden memiliki tingkat self efficacy kategori sedang (60,4%) dan tingkat manajemen perawatan diri kategori cukup (65,3%). Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan chi-square didapatkan nilai p value = <0,001 yang artinya menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan manajemen perawatan diri pada penderita hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Tahun 2021. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan data dasar dalam memberikan pelayanan keperawatan. Tim kesehatan dapat berkolaborasi untuk meningkatkan self efficacy dan manajemen perawatan diri dengan meningkatkan integritas diri, rugulasi diri, interaksi dengan nakes, pemantauan tekanan darah dan kepatuhan dalam aturan yang dianjurkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mohd. Jamil, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Self efficacy, Manajemen Perawatan Diri, Hipertensi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 Feb 2022 02:56
Last Modified: 11 Feb 2022 02:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99230

Actions (login required)

View Item View Item