PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERKAIT PENCEGAHAN BULLYING TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN PADA ANAK DI SD NEGERI 23 PASIR SEBELAH KOTA PADANG

SARI, INDAH KESUMA (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERKAIT PENCEGAHAN BULLYING TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN PADA ANAK DI SD NEGERI 23 PASIR SEBELAH KOTA PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS SARI OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Bullying merupakan persoalan serius dan mengancam bagi anak Indonesia. Kejadian bullying yang berlangsung lama akan menyebabkan dampak bagi korban bullying, baik fisik, psikologis, dan sosial. Perlu dilakukan program untuk pencegahan bullying yang dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan menurunkan tindakan bullying. Tujuan penelitian ini diketahui pengaruh pendidikan kesehatan terkait pencegahan bullying terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan pada anak. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimen dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest pada 70 responden. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 23 Pasir Sebalah Kota Padang pada bulan Februari 2021 s/d Agustus 2021. Hasil penelitian ini menggunakan uji wilcoxon, Pada variabel pengetahuan didapatkan nilai p=0,000, variabel sikap p=0,000 dan variabel tindakan didapatkan nilai p=0,000 (p < 0,05), artinya ada pengaruh setelah diberikan pendidikan kesehatan terkait pencegahan bullying pada anak. Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan, sikap dan tindakan anak terkait pencegahan bulliying dapat di tingkatkan melalui pendidikan kesehatan. Diharapkan sekolah dapat menjadikan pendidikan kesehatan mengenai bullying dalam salah satu kegiatan di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep., M. Biomed
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Bullying, Pengetahuan, Sikap, Tindakan
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 31 Jan 2022 08:00
Last Modified: 31 Jan 2022 08:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98251

Actions (login required)

View Item View Item