PERBEDAAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PREKLINIK FK UNAND ANGKATAN 2019 SEBELUM DAN SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19

Fauziah, Erdina Putri (2022) PERBEDAAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PREKLINIK FK UNAND ANGKATAN 2019 SEBELUM DAN SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Perubahan ini dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas angkatan 2019 sebelum dan selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan teknik studi potong lintang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling. Terdapat 234 sampel dari 241 anggota populasi yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sebanyak 7 orang anggota populasi dieksklusi dari sampel karena tidak bersedia mengisi survei pembelajaran jarak jauh yang dibagikan. Hasil analisis univariat menunjukkan mahasiswa dengan kriteria indeks prestasi “dengan pujian” meningkat dari 36 (15,4%) mahasiswa sebelum pembelajaran jarak jauh menjadi 72 (30,8%) mahasiswa setelah pembelajaran jarak jauh. Sejumlah 141 (60,2%) mahasiswa mengalami peningkatan angka indeks prestasi akademik setelah adanya pembelajaran jarak jauh. Rerata angka indeks prestasi mahasiswa sebelum PJJ meningkat dari 3,27 menjadi 3,38 setelah PJJ. Hasil analisis bivariat menggunakan uji wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi akademik sebelum dan sesudah pembelajaran jarak jauh dengan nilai p=0,001 (p<0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah terbukti adanya peningkatan prestasi akademik mahasiswa FK Unand setelah pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Aswiyanti Asri, M.Si. Med, Sp.PA(K)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh, Prestasi Akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:17
Last Modified: 24 Jan 2022 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97536

Actions (login required)

View Item View Item