PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK SKINCARE PADA MAHASISWI KOTA PADANG

Hendra, Leo Candra (2021) PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK SKINCARE PADA MAHASISWI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Meningkatnya penggunaan kosmetik dalam kehidupan sehari-hari menjadikan kosmetik sebagai kebutuhan untuk memperindah penampilan bagi khalayak umum terutama bagi wanita. Penggunaan kosmetik utama seperti make up dekoratif wajah pada saat pandemi Covid-19 ini mulai berkurang dan digantikan dengan meningkatnya penggunaan produk perawatan seperti skincare. Hal tersebut menyebabkan meningkatnya persaingan antar produsen kosmetik skincare dalam menarik minat beli konsumen. Salah satunya adalah persaingan dalam hal harga. Selain harga, kehalalan juga menjadi faktor yang diperhatikan oleh masyarakat Kota Padang yang merupakan ibukota Sumatera Barat dengan mayoritas penduduknya muslim. Penggunaan produk halal menjadi pertimbangan karena konsumen muslim akan merasa lebih aman dan terjamin dalam mengonsumsinya. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik skincare pada mahasiswi di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode uji regresi linier berganda disertai dengan uji hipotesis untuk mengetahui tingkat pengaruh antar variabel label halal dan harga dengan variabel keputusan pembelian. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan skala likert kepada responden secara daring. Hasil dari jawaban responden direkapitulasi dan dijadikan data dasar untuk mengolah perhitungan dalam menentukan model regresi. Hasil dari pengolahan data berupa hipotesis yang didapatkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari variabel bebas yaitu label halal dan harga terhadap keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis terhadap uji regresi linier berganda dan uji hipotesis diketahui bahwa label halal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik skincare pada mahasiswi di Kota Padang. Sedangkan harga menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengolahan data dan analisis juga menunjukkan bahwa tingkat kepentingan label halal lebih diutamakan dibandingkan dengan harga terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswi di Kota Padang lebih mengutamakan penggunaan kosmetik skincare halal dibanding dengan kosmetik yang berharga murah tapi belum berlabel halal untuk menjamin kualitas dan keamanan dari pemakaian produk kosmetik skincare tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prima Fithri, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Harga, Keputusan Pembelian, Label Halal, Regresi Linier Berganda
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 21 Jan 2022 04:24
Last Modified: 21 Jan 2022 04:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97532

Actions (login required)

View Item View Item