ANALISIS KHALAYAK PADA PORTAL BERITA ONLINE DI SUMATERA BARAT (Studi Pada Klikpositif.com, Langgam.id, Covesia.com dan HarianHaluan.com)

Ika, Primastuti Putri (2021) ANALISIS KHALAYAK PADA PORTAL BERITA ONLINE DI SUMATERA BARAT (Studi Pada Klikpositif.com, Langgam.id, Covesia.com dan HarianHaluan.com). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img] Text (THESIS Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Pembahasan mengenai khalayak menjadi penting karena khalayak merupakan pihak yang disasar untuk mengonsumsi produk sebuah portal berita online. Penelitian ini membahas mengenai motif khalayak dalam mengakses empat portal berita online di Sumatera Barat yaitu Klikpositif.com, Langgam.id, Covesia.com dan HarianHaluan.com. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif pada empat portal berita online di Sumatera Barat. Informan dalam penelitian ini adalah para Pemimpin Redaksi serta khalayak pengguna ke-empat portal berita online di Sumatera Barat tersebut. Teori dalam penelitian ini menggunakan Teori Uses and Effect yangmana menitikberatkan motif dari khalayak dalam penggunaan portal berita online di Sumatera Barat. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk menjelaskan motif khalayak dalam menggunakan portal berita online di Sumatera Barat. Selain itu penelitian ini juga melakukan analisis mengenai bagaimana portal berita online di Sumatera Barat tersebut dalam memenuhi kebutuhan khalayaknya. Hasil penelitian menunjukkan setidaknya terdapat empat motif khalayak pengguna portal berita online di Sumatera Barat yaitu motif pencarian informasi, motif konfirmasi isu, motif hiburan, dan motif kepercayaan. Motif-motif tersebutlah yang menjadi dasar bagi para informan tersebut dalam menentukan portal berita online mana yang mereka pilih sebagai sumber bacaan mereka. Sedangkan Portal berita online di Sumatera Barat dalam penelitian ini berperan sebagai pihak untuk memenuhi kebutuhan khalayak tersebut. Tentunya dalam pemenuhan kebutuhan tersebut masing-masing portal berita online di Sumatera Barat tersebut mempunyai strategi dan trik-trik tersendiri. Kata kunci : Analisis Khalayak, Teori Uses and Effect, Portal Berita Online Sumatera Barat

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M. Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:16
Last Modified: 17 Jan 2022 04:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97038

Actions (login required)

View Item View Item