MOTIF PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS

NOFRIYANDRI, NOFRIYANDRI (2021) MOTIF PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS. Other thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKAA.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img] Text (FULL SKRIPSI TEXT)
FULL SKRIPSI TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini teknologi semakin berkembang dengan pesat, segala kebutuhan manusia dapat tercukupi dengan mudah. Perkembangan teknologi juga merambah ke metode pembayaran atau alat pembayaran. Salah satu dari alat pembayaran yang sangat digemari saat ini yaitu Paylater terutama di kalangan mahasiswa. Oleh sebab itu “Motif Penggunaan Shopee PayLater di Kalangan Mahasiswa Universitas Andalas” menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motif serta alasan dominan perempuan dalam penggunaan Shopee PayLater di kalangan mahasiswa Universitas Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan snowball sampling. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam kepada 10 infroman mahasiswa Universitas Andalas yang menggunakan Shopee PayLater dalam melakukan pembayaran transaksi. Teori yang digunakan adalah teori pertukaran sosial oleh George C. Homans yang mencakup motif dan akibat Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang melatarbelakangi motif penggunaan Shopee PayLater di kalangan mahasiswa Universitas Andalas dari 10 informan meliputi motif diantaranya (1) Mempermudah dalam melakukan transaksi, (2) menghemat waktu, (3) banyak teman-teman yang menggunakan, (4) banyak voucher yang ditawarkan, (5) bisa berhutang dan menyicil. Sedangkan akibat mencakup (1) mendapatkan voucher dan cashback, (2) jumlah limit meningkat, (3) akun shopee naik level, (4) konsumtif, (5) keinginan untuk berhenti serta alasan dominan perempuan dalam penggunaan yaitu (1) mudah tergiur dan (2) memenuhi gaya hidup

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Drs. RINALDI EKA PUTRA, M.Si
Uncontrolled Keywords: PERTUKARAN SOSIAL, SHOPEE PAYLATER, MOTIF, AKIBAT
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:40
Last Modified: 13 Jan 2022 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96848

Actions (login required)

View Item View Item