Fauzan, Mujahid Agung (2021) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS INDUSTRI KECIL MENENGAH PADA USAHA ROTI RESTU IBU. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI)
3. BAB VI.pdf - Published Version Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (111kB) | Preview |
|
Text (TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Makanan merupakan sesuatu hal wajib yang harus dipenuhi setiap manusia yang termasuk ke dalam kebutuhan primer. Roti makanan pokok kedua setelah nasi di ndonesia, seehingga memiliki potensi yang cukup besar. Banyak ndustri berskala rumah tangga yang memproduksi roti di ndonesia. Kabupaten Agam telah memiliki 9 KM yang bergerak di bidang olahan roti, salah satunya adalah Roti Restu bu. Roti Restu bu merupakan salah satu ndustri yang memproduksi roti di Lubuk Basung dengan berbagai macam varian rasa. Dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, Roti Restu bu mempunyai beberapa kendala yang muncul diantaranya Roti Restu bu menghadapi persaingan yang kuat dengan kompetitor produsen roti sejenis, tidak mempunyai strategi yang baik dalam melakukan promosi produk rotinya, kelebihan stok produksi roti, distribusi belum maksimal dan belum mempunyai legalitas hukum. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan rancangan strategi bisnis yang tepat tepat pada usaha Roti Restu bu agar dapat meningkatkan keuntungan melalui penjualan produknya. Tahap penelitian ini terlebih dahulu dilakukan analisis faktor lingkungan eksternal dan faktor lingkungan internal yang mempengaruhi perkembangan usaha IKM Roti Roti Restu Ibu Ibu. Setelah faktor eksternal dan faktor internal didapatkan, selanjutnya akan dilakukan analisis SWOT dengn menggunakan matriks IFAS, matriks EFAS, matriks IE dan matriks SWOT sampai diperoleh usulan rumusan strategi bisnis. Berdasarkan hasil identifikasi faktor lingkungan eksternal dan faktor lingkungan internal, diperoleh faktor internal sebanyak 20 indikator dan faktor eksternal sebanyak 15 indikator. Selanjutnya dilakukan analisis SWOT menggunakan matriks IFAS dan matriks EFAS. Skor total matriks IFAS yakni 2,623 dan skor total dari matriks EFAS yakni 2,411. Hasil dai matriks IFAS dan matriks EFAS tersebut digunakan untuk menentukan posisi Roti Restu Ibu, dimana posisi Roti Restu ibu berada pada posisi V yaitu hold and maintain dengan stratgi yang tepat yaitu, product development, market development dan market penetration. Pada matriks SWOT diperoleh 3 strategi S-O, 2 strategi S-T, 3 strategi W-O dan 3 strategi W-T. Hasil perhitungan QSPM menunjukan prioritas strategi yang dapat diterapkan untuk pengembangan Roti Restu bu yaitu strategi pengembangan pasar dengan total skor daya tarik sebesar 5,222.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna |
Uncontrolled Keywords: | Roti Restu Ibu, Perancangan Strategi, Analisis SWOT, QSPM, Strategi Pengembangan Pasar |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 08:20 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 08:20 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96075 |
Actions (login required)
View Item |