Iqbal, Hamonangan (2021) ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH WAJIB STATISTIKA DI JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS ANDALAS DENGAN METODE PARTIAL LEAST SQUARE-STRUCTURAL EQUATION MODELING. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (325kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 Pedahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (232kB) | Preview |
|
Text (skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa yang dirasakan seseorang karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan sebagai hasil terhadap ekspektasi mereka. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah Statistika Elementer dan Statistika Matematika II dengan menggunakan metode analisis Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). PLS-SEM adalah salah satu pendekatan dari metode analisis Structural Equation Modeling yang dapat digunakan untuk memodelkan hubungan antar variabel yang sulit diukur secara langsung seperti tingkat kepuasan. Dalam penelitian ini, tingkat kepuasan mahasiswa diukur dari indikatornya dan dipengaruhi oleh faktor kualitas pelayanan dan tingkat pemahaman. Diakhir penelitian ini diperoleh model struktural tingkat kepuasan mahasiswa untuk mata kuliah Statistika Elementer dan Statistika Matematika II. Berdasarkan model tersebut, diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari faktor kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa dan tingkat pemahaman mahasiswa untuk kedua mata kuliah, hal ini berarti semakin bagus kualitas pelayanan yang diberikan oleh dosen maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan mahasiswa dan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran daring. Di sisi lain, tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari faktor tingkat pemahaman terhadap tingkat kepuasan mahasiswa untuk kedua mata kuliah. Model yang terbentuk memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 0,796 dan 0,774 yang mengindikasikan bahwa model memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Kata Kunci : Kepuasan Mahasiswa, Partial Least Square-Structural Equation Modeling, Pembelajaran Daring.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | s1 matematika matematika |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 06:56 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 06:56 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83194 |
Actions (login required)
View Item |