PENGARUH PEMASANGAN SPEED BUMP TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DI RUAS JALAN LINGKAR SELATAN (UNIVERSITAS ANDALAS)

Nadya, Ayatri (2021) PENGARUH PEMASANGAN SPEED BUMP TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DI RUAS JALAN LINGKAR SELATAN (UNIVERSITAS ANDALAS). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju pada kendaraan bermotor yang menyebabkan angka kecelakaan lalu lintas semakin bertambah. Hal ini dikarenakan pengguna kendaraan bisa memacu kecepatan kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Karena banyaknya kendaraan yang berkecepatan tinggi maka pada lokasi penelitian tersebut dipasang sebuah alat peredam kecepatan yaitu speed bump. Pada penelitian ini masalah yang dikaji yaitu seberapa besar pengaruh pemasangan speed bump terhadap kecepatan kendaraan di Ruas Jalan Lingkar Selatan (Universitas Andalas). Dalam penelitian ini dilakukan di dua lokasi pemasangan speed bump, yaitu di Jl. Lingkar Selatan (Universitas Andalas) dekat jalan masuk KCP BNI dan dekat Fakultas Keperawatan. Pengolahan data yang telah didapat dilakukan dengan Stop Program untuk mendapatkan waktu tempuh kendaraan dan Microsoft Excel untuk menghitung data kecepatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya penurunan rata-rata kecepatan kendaraan, baik itu kendaraan roda dua, kendaraan ringan, maupun kendaraan berat. Dengan hasil ini dapat dinyatakan bahwa pemasangan alat pembatas kecepatan jenis ini cukup berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan di Universitas Andalas. Di akhir penelitian dilakukan uji t-Test dengan tingkat kepercayaan 95% (α 0.05) untuk menyelidiki signifikasi perubahan data dan didapatkan hasil bahwa adanya pengurangan kecepatan kendaraan sesudah melewati speed bump.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Elsa Eka Putri, Ph.D Bayu Martanto Adji, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kecepatan, Speed Bump, t-Test
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:37
Last Modified: 20 Aug 2021 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80283

Actions (login required)

View Item View Item