HUBUNGAN MANAJEMEN DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 KEBIDANAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Suci, Meysun Baddriyah (2021) HUBUNGAN MANAJEMEN DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 KEBIDANAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII. Penutup)
BAB 7 (Penutup).pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Prestasi akademik merupakan bukti keberhasilan pendidikan mahasiswa di perguruan tinggi. Dalam proses pencapaian prestasi akademik dipengaruhi oleh berbagai faktor internal, salah satunya manajemen diri mahasiswa. Adanya perubahan proses belajar dari sekolah menengah ke perguruan tinggi membutuhkan manajemen diri yang baik agar tujuan belajar mahasiswa tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan manajemen diri dengan prestasi akademik pada mahasiswa Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study, dilakukan di Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada bulan November 2020. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi S1 Kebidanan angkatan 2019 sebanyak 49 orang. Pengumpulan data dengan kuesioner online. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan chi-square dengan p�value ≤0.05. Hasil penelitian menunjukkan 77.6% responden memiliki prestasi akademik dengan kategori baik dan 57.1% responden memiliki manajemen diri kategori tinggi. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan antara manajemen diri dengan prestasi akademik mahasiswa Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (p=0.005). Kemudian, diperoleh nilai r=0.424 berarti arah hubungannya positif dan tingkat hubungannya sedang. Terdapat hubungan antara manajemen diri dengan prestasi akademik mahasiswa. Oleh karena itu, perlu adanya manajemen diri yang baik dalam proses pencapaian prestasi akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Lusiana El Sinta Bustami, S.S.T, M.Keb
Uncontrolled Keywords: Prestasi akademik, Manajemen Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 20 May 2021 06:40
Last Modified: 20 May 2021 06:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75265

Actions (login required)

View Item View Item