PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE TERHADAP KECEMASAN DALAM MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI SMPN 26 PADANG

Nurul, Aminah (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE TERHADAP KECEMASAN DALAM MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI SMPN 26 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak-.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB I. Pendahuluan-.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII. Penutup)
Bab VII. Penutup-.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi Full Text-.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Menarche merupakan menstruasi pertama ketika seorang wanita memasuki masa pubertas. Kecemasan merupakan kumpulan gejala yang paling sering terjadi pada remaja putri pada peristiwa menarche, diperkuat adanya keinginan menolak proses fisiologis tersebut. Kebersihan diri atau personal hygiene saat menstruasi harus dipersiapakan untuk remaja putri sebelum mengalami menarche. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh pendidikan kesehatan tentang pengetahuan kesehatan reproduksi dan pengetahuan personal hygiene terhadap kecemasan dalam menghadapi menarche pada siswi kelas VII SMP Negeri 26Padang. Metode Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment dengan desain Pre-Post Test With Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Januari-Maret 2021.Populasi penelitian ini adalah siswi kelas VII. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 114 subjek. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Random Sampling. Pengolahan data dilakukan dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test (p<0,05) menggunakan software SPSS 23. Hasil Hasil Uji Wilcoxon antara pre-post test kelompok perlakuan mempunyai nilai signifikan p value (p=0,00) < α 0,05 sedangkan kelompok kontrol pada pre-post test mempunyai nilai yang tidak signifikan p value (p=0,79) > α0,05. Kesimpulan Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang pengetahuan kesehatan reproduksi dan pengetahuan personal hygiene pada siswi kelas VII SMP Negeri 26 Padang pada kelompok perlakuan. Diharapkan dengan penelitian ini, siswi memperoleh informasi dan pendidikan kesehatan reproduksimengenai menarche Baik sehingga siswi bisa menerima perubahan fisiologisnya dengan baik,sehingga bisa mengurangi kecemasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rauza Sukma Rita, PhD
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Menarche, Kecemasan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 06 May 2021 04:40
Last Modified: 06 May 2021 04:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75057

Actions (login required)

View Item View Item