Hubungan Manajemen Waktu dengan Self Directed Learning Readiness pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Andalas Selama Pandemi COVID-19

Firsti, Wise Privanti (2021) Hubungan Manajemen Waktu dengan Self Directed Learning Readiness pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Andalas Selama Pandemi COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (pendahuluan))
BAB 1.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 (Penutup))
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (Skripsi FULL TEXT)
SKRIPSI Firsti Wise Privanti WM wangi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama pandemi memerlukan kesiapan belajar pada diri mahasiswa yang disebut Self Directed Learning Readiness (SDLR). Tingkat SDLR mahasiswa dapat dipengaruhi oleh manajemen waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen waktu dengan Self Directed Learning Readiness pada mahasiswa kedokteran di Universitas Andalas selama pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 278 orang. Data penelitian ini merupakan data primer menggunakan kuesioner Time Management dan kuesioner Self Directed Learning Readiness Scale (SDLRS) sebagai alat ukur. Analisis data menggunakan analisis univariat dan Chi-Square sebagai analisis bivariat dengan kemaknaan statistik ditetapkan p<0,05. Hasil analisis univariat menunjukkan sebagian besar mahasiswa kedokteran Universitas Andalas memiliki tingkat manajemen waktu yang sedang sebesar 50%. Pada penelitian ini juga diperoleh tingkat Self Directed Learning Readiness (SDLR) yang tinggi yakni sebesar 72,7%. Beberapa mahasiswa masih memiliki tingkat manajemen waktu yang rendah tetapi tidak terdapat mahasiswa dengan tingkat SDLR yang rendah. Terdapat hubungan yang bermakna antara manajemen waktu dengan SDLR pada mahasiswa berdasarkan hasil analisis bivariat dengan nilai p=0,00. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara manajemen waktu dengan SDLR pada mahasiswa kedokteran Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Yulistini, M.Med.Ed
Uncontrolled Keywords: manajemen waktu, Self Directed Learning Readiness, pandemi COVID-19, pembelajaran jarak jauh.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:44
Last Modified: 23 Apr 2021 04:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74550

Actions (login required)

View Item View Item