Pengaruh Pemberian Stimulasi Permainan Kontruktif Lego terhadap Perkembangan Kognitif dan Psikomotorik pada Anak Prasekolah Usia 5 Sampai 6 tahun

Tiffany, Atia Aristi (2020) Pengaruh Pemberian Stimulasi Permainan Kontruktif Lego terhadap Perkembangan Kognitif dan Psikomotorik pada Anak Prasekolah Usia 5 Sampai 6 tahun. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
covver dan abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab AKhir)
bab akhir.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
uplod 4-converted.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
uplod 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMBERIAN STIMULASI PERMAINAN KONSTRUKTIF LEGO TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK PADA ANAK PRASEKOLAH USIA 5 SAMPAI 6 TAHUN TIFFANY ATIA ARISTI Anak prasekolah atau masa golden age merupakan suatu proses kehidupan yang pesat dalam masa pertumbuhan dan penting untuk merangsang perkembangan kognitif dan kemampuan motoriknya. Permainan konstruktif lego bermanfaat bagi anak untuk mengembangkan kognitif dan psikomotoriknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian stimulasi permainan konstruktif lego terhadap perkembangan kognitif dan psikomotorik pada anak usia prasekolah 5 sampai 6 tahun serta mengetahui perkembangan kognitif dan psikomotorik pada kelompok yang tidak diberi stimulasi. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen dengan pre test and post test control group design terhadap 46 responden. Penelitian ini dilakukan di PAUD Sayang Ibu kecamtan Pauh kota Padang. Sampel penelitian dipilih secara random sampling. Pengukuran perkembangan kognitif menggunakan Test Colour Prograsive Matrics dan pengukuran psikomotorik menggunakan Denver Development Screening Test-II. Analisa data menggunakan uji t dependen yang telah dilakukan uji normalitas data. Hasil penelitian menunjukkan rerata perkembangan kognitif pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah perlakuan masing-masing yaitu 55,09 dan 66,09, ada pengaruh pemberian stimulasi pada perkembangan kognitif anak (p=0,000). Rerata psikomotorik pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah perlakuan yaitu 1,06 dan 2, ada pengaruh pemberian stimulasi permainan pada psikomotorik anak (p=0,022). Rerata perkembangan kognitif pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah perlakuan masing-masing yaitu 58,48 dan 59,43. Tidak ada peningkatan perkembangan pada kognitif anak (p=0,328). Rerata psikomotorik pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah perlakuan masing-masing yaitu 1,09 dan 1,17. Tidak ada peningkatan perkembangan pada psikomotorik anak (p=0,162). Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa pada kelompok intervensi terdapat pengaruh pemberian stimulasi permainan konstruktif lego terhadap perkembangan kognitif dan psikomotorik pada anak prasekolah. Kata kunci : Konstruktif Lego, Perkembangan Kognitif, Perkembangan Psikomotorik, Usia Prasekolah, Stimulasi

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.dr.Rozi Sastra Purna, S.Psi, M.Psi., Psikolog
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 15 Apr 2021 07:31
Last Modified: 15 Apr 2021 07:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74271

Actions (login required)

View Item View Item