KARYA ILMIAH AKHIR ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA Ny.S DENGAN HIPERTENSI MELALUI PENERAPAN SENAM JANTUNG SEHAT DI JORONG LANGGAM SAIYO KENAGARIAN KINALI KECAMATAN KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2020

Lethievia, Adzro Junesya (2020) KARYA ILMIAH AKHIR ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA Ny.S DENGAN HIPERTENSI MELALUI PENERAPAN SENAM JANTUNG SEHAT DI JORONG LANGGAM SAIYO KENAGARIAN KINALI KECAMATAN KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penututp)
BAB V penutup.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img] Text (KIA Full Lethievia Adzro Junesya)
KIA Full Lethievia Adzro Junesya.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lansia atau lanjut usia merupakan seseorang yang berusia atau memiliki usia lebih dari60 tahun. Berdasarkan data penyakit terbanyak pada lansia Hipertensi adalah salah satu penyakit yang terbanyak dialami oleh lansia. Pada klien kelolaan didapatkan masalah keperawatan yaitu managemen kesehatan tidak efektif sehingga diperlukan asuhan keperawatan yang tepat dan berkesinambungan. Tujuan dari laporan ini adalah meberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap klien hipertensi serta penerapan senam jantung sehat. Asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terlihat dari meningkatnya pengetahuan klien tentang hipertensi setelah dilakukannya pendidikan kesehatan dan penurunan tekanan darah setelah dilakukannya senam jantung sehat selama lima kali dalam waktu dua minggu yaitu pada hari pertama tekanan darah klien 160/100 mmHg dan didapatkan tekanan darah pada hari terakhir dilaksankannya senam yaitu 130/90 mmHg. Diharapkan kepada pembina wilayah puskesmas untuk meningkatkan posyandu lansia dan mengadakan senam jantung sehat sebagai salah satu kegiatan rutin untuk lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Siti Yuli Harni, S.Kep.,M.Kep.,Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: Lansia, Hipertensi, Senam Jantung Sehat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:49
Last Modified: 09 Feb 2021 02:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70438

Actions (login required)

View Item View Item