Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis Pemeliharaan Bus Kampus Universitas Andalas

Harryadi, Sufindra (2020) Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis Pemeliharaan Bus Kampus Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover Abstrak)
1. COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
3. BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text (Fulltext Tugas Akhir)
Fulltext TA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Universitas Andalas (UNAND) menyediakan bus kampus sebagai sarana transportasi bagi mahasiswa untuk menunjang kegiatan akademik dan non akademik yang membutuhkan mobilitas. Pentingnya peran bus kampus sehingga UNAND memiliki Pool bus kampus untuk pengelolaannya agar bus dapat beroperasi dengan baik. Namun dalam proses pemeliharaannya ada beberapa kendala yang mengakibatkan pemeliharaan berjalan kurang optimal. Hal ini ditunjukkan dengan 35 bus yang dimiliki UNAND 7 di antaranya dianggap tidak layak pakai. Kendala di lapangan di mana proses pemeliharaan yang dilakukan belum terorganisir dengan baik. Sehingga perlu dilakukannya analisis terhadap proses yang berlangsung di Pool bus kampus UNAND untuk dilakukan evaluasi dan perbaikan proses bisnisnya. Metode yang digunakan dalam melakukan analisis dan perbaikan proses bisnis pemeliharaan bus adalah Business Process Improvement (BPI). Analisis dari proses binis yang berjalan teridentifikasi 8 aktor/orang dan 31 kegiatan dalam prosesnya. Perbaikan yang dilakukan mengevaluasi 12 aktivitas agar dapat diperbaiki. Hasil dari perbaikan digambarkan dengan Business Process Modelling Notation (BPMN) yang menunjukkan pengurangan aktivitas menjadi 25 kegiatan dan perubahan di 12 aktivitas sehingga proses bisnis pemeliharaan bus kampus jadi lebih efektif dan efisien. Kelebihan dari perbaikan proses bisnis waktu yang dibutuhkan dalam proses administrasi menjadi lebih singkat dan indikator perbaikan menjadi lebih optimal dengan bantuan perangkat sistem informasi. Sedangkan kekurangannya pihak UNAND perlu melakukan pelatihan bagi orang-orang yang terlibat dalam prosesnya agar dapat berjalan sesuai dengan rancangan perbaikan proses binis yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ikhwan Arief, M.Sc
Uncontrolled Keywords: business process improvement, busniess process modelling notation, pemeliharaan bus, proses bisnis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 29 Dec 2020 06:56
Last Modified: 29 Dec 2020 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67218

Actions (login required)

View Item View Item