PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PENANGANAN AWAL NON FARMAKOLOGIS PREMENSTRUAL SYNDROME PADA SISWI KELAS XI SMA NEGERI 2 PADANG

Rati, Yulyana Putri (2020) PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PENANGANAN AWAL NON FARMAKOLOGIS PREMENSTRUAL SYNDROME PADA SISWI KELAS XI SMA NEGERI 2 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI RATI YULYANA PUTRI (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Premenstrual Syndrome (PMS) adalah kumpulan gejala yang muncul sebelum periode menstruasi. PMS dapat mengganggu produktifitas wanita, namun banyak wanita tidak mengetahui bahwa PMS bisa dikurangi. Salah satunya dengan metode non farmakologis. Penyebab kurangnya pengetahuan wanita adalah karena PMS dianggap tabu dan kebanyakan wanita enggan membahasnya terutama dengan orang yang lebih tua. Namun wanita terutama remaja diketahui memiliki komunikasi yang lebih baik dengan teman sebaya mereka. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh peer education terhadap pengetahuan tentang penanganan awal non farmakologis premenstrual syndrome pada siswi kelas XI SMA Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperiment dengan desain One Group Pretest-Posttest.Pengumpulan data dilakukan pada bulan Februari-April 2020.Populasi penelitian ini adalah siswi kelas XI.Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 66subjek.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Random Sampling. Pengolahan data dilakukan dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test (p<0,05) menggunakan software SPSS 23. Hasil penelitian didapatkan rata-rata pengetahuan siswi sebelum dilakukan peer education adalah 13,02 dan setelah dilakukan peer education adalah 18,73. Hasil analisis Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan nilai p value (p=0,001) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh peer education terhadap pengetahuan tentang penanganan awal non farmakologis premenstrual syndrome pada siswi kelas XI SMA Negeri 2 Padang. Diharapkan dengan penelitian ini, metode peer education bisa digunakan untuk efektifitas pendidikan remaja khususnya tentang kesehatan reproduksi. Kata Kunci :premenstrual syndrome, peer education, remaja, penanganan awal non farmakologis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. H. Arief, MS
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:46
Last Modified: 15 Sep 2020 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61678

Actions (login required)

View Item View Item