Hubungan Perilaku Personal Hygiene dengan Prestasi Belajar pada Siswa MA Ar Risalah Padang

Devin, Mahendika (2020) Hubungan Perilaku Personal Hygiene dengan Prestasi Belajar pada Siswa MA Ar Risalah Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 - Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 - PENUTUP)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Devin Mahendika Full Text)
Skripsi Devin Mahendika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Nilai akhir dari proses pendidikan dapat dilihat dari pencapaian visi dan tujuan pendidikan yaitu prestasi belajar yang optimal. Prestasi belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah faktor fisiologis yaitu perilaku personal hygiene sebagai sebagai isu determinan kesejahteraan penduduk dan memiliki pengaruh yang besar terhadap pencapaian prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan perilaku personal hygiene yang dengan prestasi belajar pada siswa MA Ar Risalah Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan cross sectional study. Pengambilan sampel dengan teknik proportionate stratified random sampling, didapatkan sampel sebanyak 90 responden. Data penelitian berupa data primer dengan menggunakan kuesioner pengetahuan, sikap, tindakan personal hygiene, dan nilai prestasi belajar (rapor) sebagai alat ukurnya. Analisis data menggunakan analisis univariat dan uji Chi-Square test untuk analisis bivariat dengan kemaknaan statistik ditentukan jika nilai p < 0,05. Hasil analisis univariat menunjukkan siswa memiliki tingkat pengetahuan baik sebesar 55,6% dan cukup 44,4%, hasil analisis sikap menunjukkan sikap positif 56,7% dan negatif 43,3%, analisis tindakan menunjukkan tindakan baik 54,4% dan cukup 45,6%, dan tidak ditemukan siswa yang memiliki tingkat pengetahuan dan tindakan kurang. Pada analisis juga didapatkan prestasi belajar siswa sangat baik sebesar 40% dan baik 60%, tidak ditemukan prestasi yang cukup dan kurang. Analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan, sikap, dan tindakan dengan prestasi belajar dengan nilai p pengetahuan = 0,042, p sikap = 0,040, dan p tindakan = 0,044. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan pengetahuan, sikap, tindakan sebagai domain perilaku personal hygiene dengan prestasi belajar pada siswa MA Ar Risalah Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Ida Rahmah Burhan, MARS
Uncontrolled Keywords: perilaku personal hygiene, pengetahuan, sikap, tindakan, prestasi belajar
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 12 Jun 2020 03:08
Last Modified: 12 Jun 2020 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57771

Actions (login required)

View Item View Item