STUDI SEBARAN POSISI SEPEDA MOTOR PADA LAJUR JALAN TERBAGI DI KOTA PADANG

Alde, Nova Fajri (2020) STUDI SEBARAN POSISI SEPEDA MOTOR PADA LAJUR JALAN TERBAGI DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Kesimpulan dan Saran))
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img] Text
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dari sekian banyak jenis moda transportasi di Indonesia, sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk memakai sepeda motor. Hal ini didukung oleh data penjualan dari AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) pada tahun 2016 tingkat penjualan sepeda motor di Indonesia adalah 5.931.285. Keberadaan sepeda motor yang jumlahnya cukup tinggi bercampur dengan berbagai jenis kendaraan lain di ruas jalan mengakibatkan kondisi lalu lintas menjadi lebih rumit dan cenderung berbahaya Untuk itu diperlukanlah analisis sebaran posisi sepeda motor yang ditinjau melalui beberapa ruas jalan di Kota Padang. Observasi pada penelitian ini dilakukan pada Jalan Dr. Sutomo dan Jalan Moh. Hatta Kota Padang yang merupakan jalan dengan tipe 4/2D. Observasi dilakukan pada satu hari kerja untuk masing-masing ruas jalan selama 6 jam disetiap jam puncak, yaitu pada pagi hari (06.00-08.00), siang hari (11.00-13.00) dan sore hari (16.00-18.00). Observasi dilakukan menggunakan handycam dan ditunjang dengan tripod. Untuk menghitung dan mengolah data observasi digunakan aplikasi avidemux, thing counter, dan microsoft excel. Data yang diolah ditinjau dengan interval waktu setiap 15 menit dan dikategorikan sesuai dengan jenis kendaraan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa persentase sebaran posisi sepeda motor paling tinggi untuk kedua jalan yang ditinjau adalah berada di sektor tengah. Korelasi antara sebaran posisi sepeda motor dengan derajat kejenuhan, volume total kendaraan, dan kecepatan rata-rata kendaraan rata-rata mempunyai koefisien korelasi bernilai cukup tinggi. Hal ini dapat diartikan bahwa sebaran posisi sepeda motor pada Jalan Moh. Hatta dan Jalan Dr. Sutomo memang dipengaruhi oleh aspek tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Titi Kurniati, MT
Uncontrolled Keywords: sebaran posisi sepeda motor, derajat kejenuhan, kecepatan rata-rata
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:42
Last Modified: 22 Jan 2020 14:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55717

Actions (login required)

View Item View Item